ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK INDIHOME TERHADAP PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Di PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton Bandar Lampung)

Aldo, Prayoga (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK INDIHOME TERHADAP PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Di PT. Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ALDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat penjualan produk Indihome. Pada saat pandemi covid-19 tingkat penjualan pada PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton meningkat drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton Berdasarkan analisis SWOT untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton dan pengguna produk Indihome Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dihimpun secara langsung dari sumbernya dan diolah sendiri dengan peneliti yang bersangkutan untuk dimanfaatkan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menguunakan analisis SWOT merupakan alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan dan dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan dan kelemahan yang dimilikinya. PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton menempati posisi kuadran pertama yaitu berada pada posisi agresif. Artinya PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton memiliki dan mengembangkan kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang yang ada. Menurut analisis peneliti PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton sudah menerapkan pemasaran syariah karena sudah menerapkan sifat shiddiq, amanah, tabligh dan fatanah. Selain itu PT Telekomunikasi Indonesia Cabang Kedaton juga mengedepankan prinsip ketuhanan, etis, dan humanistis. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Tingkat Penjualan ABSTRACT This research is motivated by the level of sales of Indihome products. During the COVID-19 pandemic, the level of sales at PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch increased dramatically when compared to the previous year. This study aims to determine the marketing strategy at PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch based on a SWOT analysis to increase sales. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The population in this study were employees of PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch and users of Indihome products. The data used in this study was primary data which was collected directly from the source and processed by the researcher concerned for use. The data analysis method used in this study using SWOT analysis is a tool used to compile the company's strategic factors and can clearly describe how the external opportunities and threats faced by the company can be adjusted to its strengths and weaknesses. PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch occupies the first quadrant position, which is in an aggressive position. This means that PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch has and develops existing strengths to take advantage of existing opportunities. According to the analysis of researchers PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch has implemented sharia marketing because it has implemented the characteristics of shiddiq, amanah, tabligh and fatah. In addition, PT Telekomunikasi Indonesia Kedaton Branch also puts forward the principles of divinity, ethical, and humanistic. Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, Sales Level

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:57
Last Modified: 10 Mar 2022 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18369

Actions (login required)

View Item View Item