PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF ESTEEM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Tiara, Maharani (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP SELF ESTEEM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi tiara pin kecil.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Harga diri (Self Esteem) merupakan penilaian diri yang diberikan oleh individu lain terhadap dirinya atas dasar hubungannya dengan individu lain. Harga diri merupakan hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh seseorang serta perlakuan individu lain terhadap dirinya serta mampu menunjukkan sejauh mana individu mempunyai rasa percaya diri dan mampu berhasil serta berguna. individu yang mempunyai self esteem rendah cenderung memiliki pandangan diri yang negative serta konsep diri yang buruk. Penghargaan diri yang rendah akan menjadi penghambat dalam menjalin suatu hubungan antar individu lainnya agar nyaman dan baik untuk dirinya. Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian eksperimen dilakukan peneliti untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan self esteem pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Design penelitian menggunakan pre-Experimental designs. Berdasarkan hasil, maka diperoleh analisis data yang membandingkan hasil posttest dengan nilai skor 757 atau rata-rata 84,11 sedangkan skor pretest 577 atau rata-rata 64,11 sehingga dinyatakan mengalami peningkatan. Hasil uji wilcoxon dengan menggunakan program SPSS versi 21 diperoleh Z hitung 2,670 Asymp.sig.(2-tailed) 0,008 hal ini lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perubahan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Esteem, Rational Emotive Behavior Therapy iii ABSTRACT Self-esteem (Self Esteem) is a self-assessment given by other individuals to themselves on the basis of their relationships with other individuals. Self-esteem is the result of an evaluation carried out by a person and the treatment of other individuals towards himself and is able to show the extent to which the individual has self-confidence and is able to succeed and be useful. Individuals who have low self-esteem tend to have negative self-views and bad self-concepts. Low self�esteem will become an obstacle in establishing a relationship between other individuals so that it is comfortable and good for themselves. In this study, the author uses a quantitative approach. Experimental research is carried out by researchers to determine the effectiveness of group counseling services with a rational emotive behavior therapy approach to increase self-esteem in grade VIII students at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Research design using pre-Experimental designs. Based on the results, data analysis was obtained that compared the posttest results with a score of 757 or an average of 84.11 while the pretest score was 577 or an average of 64.11 so that it was declared to have increased. Wilcoxon test results using the SPSS version 21 program obtained Z count 2.670 Asymp.sig. (2-tailed) 0.008, this is less than 0.05 (0.008 <0.05) so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant change between the pretest and posttest results. Keywords: Group Conseling, Self Esteem, Rational Emotive Behavior Therapy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:41
Last Modified: 10 Mar 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item