PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATIKA PADA MATERI SMP

YUNI, DEFITASARI (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATIKA PADA MATERI SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER_BAB1_BAB5_DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full Yuni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATIKA PADA MATERI SMP Oleh Yuni Defitasari Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk melalui pengembangan bahan ajar pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan Modul berbasis etnomatika untuk peserta didik kelas VII dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kualitas bahan ajar pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan Modul berbasis etnomatika yang telah dihasilkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Borg and gall yang telah dimodifikasi oleh sugiyono dan 4D. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data (informasi), desain produk, validasi produk, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepaa ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kualitas produk, dan diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa bahan ajar (modul) berbasis etnomatika yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan menurut hasil validasi dari ahli materi, ahli media dengan kriteria sangat baik dan Respon peserta didik terhadap kelayakan Bahan ajar (modul) berbasis etnomatika memperoleh kriteria sangat baik dilihat dari hasil angket yang telah diambil, dan membantu peserta didik untuk belajar lebih mandiri dan nyaman dalam proses belajar. Peserta didik sangat tertarik dengan bahan ajar (modul) berbasis etnomatika ini serta dapat mengatasi hambatan yang dialami oleh peserta didik. Hal ini berarti bahan ajar pembelajaran menggunakan modul pokok bahasan aritmatika sosial yang peneliti kembangkan layak digunakan pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, berbasis etnomatika, dan segitiga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:38
Last Modified: 10 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item