HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Rosa, Elia (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Pada masa remaja, minat yang dibawa pada masa anak-kanak cenderung berkurang dan diganti oleh minat yang lebih matang antara lain minat karir. Kondisi yang memungkinkan keberhasilan remaja dalam mencapai kematangan karir adalah konsep diri. Super berpendapat bahwa kerja adalah perwujudan konsep diri. Artinya individu mempunyai konsep diri dan berusaha menerapkan konsep diri itu dengan memilih pekerjaan yang menurut individu tersebut paling cocok dengan kondisi dirinya. Oleh sebab itu penulis memilih judul hubungan konsep diri dengan kematangan karir peserta didik di SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yang menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian yang berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel yang muncul secara alami. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product Moment dengan bantuan program SPSS v. 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kematangan karir peserta didik kelas XI di SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Dilihat dari hasil analisis dan pengolahan data yang menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,479 dengan diperoleh nilai rhitung 0,479 dengan rtabel 0,235 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut berarti nilai korelasi r antara konsep diri dengan kematangan karir adalah signifikan. Dapat disimpulkan semakin positif konsep diri maka semakin tinggi kematangan karir peserta didik. Sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin rendah kematangan karir peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Nov 2017 00:49
Last Modified: 02 Nov 2017 00:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item