STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MAJELIS RASULULLAH SAW DALAM MENANAMKAN RASA CINTA SHOLAWAT PADA GENERASI MUDA DI BANDAR LAMPUNG

Rizki, Verdiansyah (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MAJELIS RASULULLAH SAW DALAM MENANAMKAN RASA CINTA SHOLAWAT PADA GENERASI MUDA DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komuniaksi dakwah adalah metode, siasat, taktik, atau acara yang dipergunakan dalam aktivitas dakwah yakni untuk memanggil, mengajak, dan menyeru manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai perintah Allah Swt. Yang dimaksud dalam skripsi ini adalah strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh Majelis Rasulullah Saw dalam memberikan penegtahuan keagamaan, meningkatkan keimanan dan juga menanamkan rasa cinta sholawat kepada remaja. Masalah penelitian yang penulis kemukakan adalah bagaimana strategi komuniaksi dakwah yang digunakan Majelis Rasulullah Saw dalam menanamkan rasa cinta sholawat pada generasi muda di Bandar Lampung. Jenis penelitiannya ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapung pengambilan dengan menggunakan teknik non random sampling, sehingga diperoleh 9 orang. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka selanjutnya penelitian ini dianalisa menggunakan analisa kualitatif yang menghasilkan data berupa dengan kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan prilaku yang diamati. Dari hasil temuan dilapangan: Penulis mengetahui strategi komuniaksi dakwah yang digunakan Majelis Rasulullah Saw dalam menanamkan rasa cinta sholawat kepada remaja adalah menggunakan strategi persuasif, strategi sentimental, dan strategi informatif. Dengan cara merangkul istiqomah dalam memberikan materi-materi dakwah bersifat mengajak jama’ah dalam kebaikan. Selain itu juga Majelis Rasulullah Saw selalu mengajak jama’ah untuk membaca sholawat bersama diawal acara pengajian Rasulullah Saw. Dengan apa yang ada dilapangan yakni Majelis Rasulullah Saw menggunakan strategi komunikasi dakwah tersebut karena sasaran dakwahnya adalah remaja. Strategi komunikasi dakwah merupakan upaya yang dilakukan Majelis Rasulullah Saw untuk menjaga eksistensi dari keberadaan Majelis Rasulullah Saw dan juga untuk jama’ahnya. Banyak jama’ah yang menyukai strategi komunikasi dakwah tersebut, terutama para pemuda jama’ah Majelis Rasulullah Saw. Majelis Rasulullah Saw akan selalu istiqomah dalam menerapkan strategi komunikasi dakwah tersebut melalui program-program kegiatan dakwahnya. Adapun temuan dalam pelaksanaan strategi komunikasi dakwah tersebut adalah Majelis Rasulullah Saw sebagai juru dakwah memberikan nasehat-nasehat yang yang dengan kelembutan terhadap iii sasaran dakwahnya yakni remaja dalam menanamkan rasa cinta sholawat, sehingga remaja dapat meningkatkan keimanan dan juga pengetahuan serta mempunyai akhlakul karimah yang baik dalam kehidupannya. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Dakwah, Cinta Sholawat, Generasi Muda iv ABSTRACT Da'wah communication strategy is a method, tactic, tactic, or event used in da'wah activities, namely to call, invite, and call humans in a wise way to the right path according to the command of Allah Swt. What is meant in this thesis is the strategy of proselytizing communication used by the Assembly of the Prophet (saw) in providing religious knowledge, increasing faith and also instilling sholawat love to teenagers. The research problem that the author presented is how the da'wah communicable strategy used by the Assembly of the Prophet (saw) in instilling sholawat love in the younger generation in Bandar Lampung. This type of research is field researchandthe nature of this research is descriptive. As for taking using non random samplingtechniques, so it was obtained by 9 people. The data collection methods that the author uses are interviews, observations, and documentation. Then the study was analyzed using qualitative analysis that produces data in the form of written or oral words of people and observed behavior. From the findings on the ground: The author knows the da'wah communication strategy used by the Assembly of the Prophet (peace be upon him) in instilling sholawat love to adolescents is using persuasive strategies, sentimental strategies, and informative strategies. By embracing istiqomah in giving da'wah materials is inviting jama'ah in goodness. In addition, the Assembly of the Prophet always invited jama'ah to read sholawat together at the beginning of the prophet's study event. With what is on the ground, namely the Assembly of the Prophet (saw) using the strategy of communication of the da'wah because the target of da'wah is teenagers. The strategy of da'wah communication is an effort made by the Assembly of the Prophet (saw) to maintain the existence of the Assembly of the Prophet (saw) and also for his jama'ah. Many jama'ah who like the strategy of da'wah communication, especially the youth jama'ah Assembly of the Prophet Saw. The Assembly of the Prophet (saw) will always betiqomah in implementing the strategy of communication of da'wah through its da'wah activity programs. v As for the findings in the implementation of the da'wah communication strategy is the Assembly of the Prophet as a da'wah give advice that with gentleness to the target of da'wah is adolescence in instilling a sense of love sholawat, so that teenagers can increase faith and knowledge and have good morality in their lives. Keywords: Strategy, Da’wah Communication, Love Sholawat, Young Generation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 08:58
Last Modified: 09 Mar 2022 08:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item View Item