MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM ZMART DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BAZNAS LAMPUNG TENGAH

YOSI, ALWI (2022) MANAJEMEN PELAKSANAAN PROGRAM ZMART DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BAZNAS LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOSI ALWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini memaparkan peran program Zmart dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Penerima program. Penelitian ini membahas secara lebih mendalam mengenai Manajemen Pelaksanaan Program Zmart Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Baznas Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelaksanaan program zmart dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Baznas Lampung Tengah. Program Zmart merupakan sebuah program dari Baznas untuk memberdayakan ekonomi para mustahik dalam bentuk pengembangan toko atau warung yang dimiliki masyarakat. Tujuan dari program Zmart adalah untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif, yaitu gambaran hasil penelitian yang mendalamdan lengkap sehingga informasi yang disampaikan sama dengan aslinya dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengurus dan staff Baznas Lampung Tengah dan para mustahik penerima bantuan program Zmart. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal penelitian dan lain-lain. Hasil dari penelitian manajemen pelaksanaan program Zmart yang dilakukan oleh Baznas Lampung Tengah sudah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan yang meliputi kegiatan perencanaan program, pengorganisasian program, pelaksanaan program serta pengawasan program. Namun untuk mencapai tujuan dari program Zmart yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tiga indikator berupa peningkatan pendapatan, kemudahan mendapatkan pendidikan, kemudahan mendapatkan kesehatan masih belum tercapai dengan sempurna. Hal itu disebabkan karena para mustahik pemilik warung penerima bantuan program Zmart belum memiliki kesadaran dan pemahaman untuk mendayagunakan hasil yang didapatkan dari warung yang dikelola. Serta adanya faktor penghambat pelaksanaan program Zmart yang bisa menghambat pencapaian tujuan utama dari program seperti kurangnya pemahaman dari mustahik, kurang baiknya pengelolaan keuangan warung milik mustahik, penurunan motivasi mustahik dan iii adanya perbedaan kebijakan antara pengurus Baznas lama dengan yang baru. Kesimpulan dalam skripsi ini adalah manajemen pelaksanaan program zmart yang dilakukan oleh Basnaz Lampung Tengah sudah dilakukan dengan baik namun ada beberapa hal-hal yang menyebabkan tujuan dari program ini belum tercapai dengan maksimal. Kata Kunci : Manajemen, Program Zmart, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:56
Last Modified: 09 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item