Yuliani, Reni (2017) Peran guru akidah akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa kelas 4 di MIN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (24kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (247kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (394kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (659kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (279kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (617kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (9kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (213kB) | Preview |
Abstract
Reni Suryani. Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membimbing Perilaku Keagamaan Siswa di MIN 9 Bandar Lampung. Tesis.: Jurusan Pendiidkan Agama Islam Fakultas Ilmu IAIN Raden Intan. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengerjakan shalat fardhu dan shalat jum’at yang terkadang untuk melaksanakan kewajiban tersebut masih perlu diingatkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa di MIN 9 Badar Lampung serta mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap upaya yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan membantu menyempurnakan upaya-upaya yang telah dilakukan guru dalam menangani permasalahan ketidaktertiban siswa melaksanakan ibadah shalat. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MIN 9 Banadr Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam membimbing perilaku keagamaan siswa di MIN 9 Bandar Lampung meliputi penerapan sejumlah peraturan yang harus ditaati siswa, memberikan bimbingan dan pengarahan, pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah, shalat jum’at, shalat dhuha dan doa sehari-hari bersama untuk kelas I dan II, anjuran shalat dhuha, serta bimbingan doa sehari-hari, (2) hasil dari upaya tersebut terbilang cukup berhasil meskipun masih ada sebagian siswa yang belum tertib, siswa sudah mengerjakan shalat Dhuha dan doa sehari-hari secara tertib dan menunjukkan sikap taat, patuh dan hormat kepada orang tua, guru dan menghargai teman-teman sebayanya, (3) adapun faktor yang mendukung upaya tersebut adalah siswa yang homogen, berada di lingkungan agamis, adanya dukungan penuh pihak sekolah dan ada kerja sama antara guru Akidah Akhlak dengan guru-guru mata pelajaran lain. Adapun faktor utama yang menghambat yaitu kurangnya perhatian orang tua untuk mengawasi kedisiplinan pelaksanaan shalat siswa saat di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 07:28 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 07:28 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1832 |
Actions (login required)
View Item |