PENGARUH ZAKAT DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP REPUTASI DAN KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2019

YOLANDA, SEPTIAN (2022) PENGARUH ZAKAT DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP REPUTASI DAN KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOLANDA SEPTIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang memiliki tujuan serta misi yang mulia. Selain bertujuan untuk mencari keuntungan, perbankan syariah juga memperhatikan aspek sosial perusahaannya. Dari sisi profit oriented, bank syariah harus mencari keuntungan agar dapat menjamin kelangsungan operasional atau bisnisnya. Sedangkan dari sisi social oriented, ditegaskan bahwa bank syariah harus memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan perbankan syariah saat ini, mendorong persaingan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional yang mempengaruhi pertumbuhan serta kinerja masing-masing bank tersebut. Oleh karena itu, setiap perbankan harus melakukan pengukuran kinerja keuangan yang menjadi penentu keberhasilan bank tersebut dan juga sebagai penentu prospek bank di masa yang akan datang, agar bank tersebut dapat terus beroperasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh zakat dan Islamic corporate social responsibility terhadap reputasi BUS dan kinerja keuangan BUS di Indonesia periode 2016-2019? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menguji dan mengetahui pengaruh zakat dan Islamic corporate social responsibility terhadap reputasi BUS dan kinerja keuangan BUS di Indonesia periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik. Populasi yang digunakan yaitu Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2019 berjumlah 14 BUS, dengan sampel yang memenuhi kriteria yaitu 12 Bank Umum Syariah, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap reputasi BUS, Islamic corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap reputasi BUS, zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan BUS, dan Islamic corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan BUS. Kata kunci: Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility, Reputasi Bank Umum Syariah, Kinerja Keuangan Bank Umum Syaria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:12
Last Modified: 09 Mar 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item