SOSIALISASI POLITIK VIRTUAL PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 (Studi Pada Pemilih Pemula Melalui Media Sosial Resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung)

LIA, OCTAVIA (2022) SOSIALISASI POLITIK VIRTUAL PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 (Studi Pada Pemilih Pemula Melalui Media Sosial Resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CVR BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SOSIALISASI POLITIK VIRTUAL PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 (Studi Pada Pemilih Pemula Melalui Media Sosial Resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Bandar Lampung) Oleh LIA OCTAVIA Media sosial menjadi bagian penting dari komunikasi masyarakat modern. Penggunaan yang begitu masif turut merambah untuk kepentingan politik termasuk KPU Kota Bandar Lampung dalam melakukan sosialisasi politik virtual menggunakan media sosial hal tersebut telah diatur dalam PKPU RI Nomor 8 Tahun 2017 Pasal 10 dengan penduduk yang perlu diberdayakan adalah pemilih pemula sebab sebagai generasi muda dengan karakteristik yang masih labil dan cenderung bersikap tak acuh menyebabkan orientasi politik pemilih pemula cenderung dinamis mengikuti kondisi yang mempengaruhinya ditambah pengetahuan politik yang kurang. Hal tersebut dapat berdampak pada kurangnya kesadaran dan antusiasme untuk berpartisipasi pada pemilihan umum. Survey Jajak Pendapat Harapan dan Persepsi Generasi Muda dan Pilkada 2020 dengan responden generasi muda termasuk pemilih pemula di 34 provinsi menyatakan bahwa 52% mengaku biasa saja terhadap pilkada di daerahnya. Kelompok pemilih pemula ini perlu mendapat perhatian dan kajian lebih politik, nilai, sikap dan orientasi politik, dan partisipasi politik pemilih pemula Kecamatan Kemiling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi iii politik Lasswell dengan unsur who, says what, in which channel, to whom, with what effect yang membantu peneliti menjelaskan varibel yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk sosialisasi politik virtual KPU Kota Bandar Lampung pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung menggunakan media sosial Facebook KPU Kota Bandar Lampung, Instagram @kpukota_bandarlampung, Twitter @KPUBaLam pemilihan media sosial sebagai media sosialisasi politik virtual berdasarkan pertimbangan penggunaannya yang mudah dan mempercepat penyebaran informasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung 2020 sehingga lebih mudah menyentuh semua kalangan masyarakat termasuk pemilih pemula melalui konten-konten dan bahasa yang menarik sehingga efektif dalam meningkatkan pengetahuan politik berupa bertambahnya wawasan pemilih pemula di Kecamatan Kemiling terkait Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung 2020, meningkatkan kesadaran politik dengan hadirnya antusiasme pemilih pemula, membentuk nilai sikap dan orientasi politik dengan membuat pilihan politik berdasarkan kemampuan kandidat atau berdasarkan partai politik, dan sebesar 77% pemilih pemula Kecamatan Kemiling berpartisipasi memberikan hak pilih. Kata Kunci : Media Sosial, Pemilih Pemula, Sosialisasi Politik Virtual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:26
Last Modified: 09 Mar 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item