PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA

SARI, ARFINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of sari arfina full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan materi yang wajib dan memerluka ketelitian dalam mengerjakanya matematika juga adalah materi atau mata pelajaran yang sudah kita kenal mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Akan tetapi berdasarkan data hasil studi pendahuluan, hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan metakoknitif, kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dan juga pemilihan model pembelajran kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif antara siswa yang diberikan model pembelajaran Focus, Explore, Reflect and Apply (FERA) berbantuan video pembelajaran dengan siswa yang diberikan model pembelajaran Ceramah. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran Focus, Explore, Reflect and Apply (FERA) berbantuan video pembelajaran dengan siswa yang diberikan model pembelajaran Ceramah. 3)Untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif dan kemampuan penalaran adaptif matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran Focus, Explore, Reflect and Apply (FERA) berbantuan video pembelajaran dengan siswa yang diberikan model pembelajaran Ceramah. Penelitan ini dilakukan di SMKN 08 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognitif dan penalaran adaptif matematis pada materi matriks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji One Way Manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, 1) terdapat pengaruh model pembelajran FERA berbantuan video pembelajaran dalam meningkatan kemampuan metakognitif siswa dan 2) terdapat pengaruh model pembelajaran FERA berbantuan video pembelajaran dalam meningkatan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dan 3)terdapat pengaruh model pembelajaran FERA berbantuan video pembelajaran dalam meningkatan kemampuan metakognitif dan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Kata Kunci: Model, Metakognitif, Adaptif Mateamtis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:46
Last Modified: 10 Mar 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item