PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LSQ (LEARNING STARTS WITH A QUESTION) BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA

RISKA, SEPTIANI (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LSQ (LEARNING STARTS WITH A QUESTION) BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RISKA SEPTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya metodepembelajaran yang digunakan guru selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi monoton, dan membosankan. Disamping itu juga, belum adanya media yang mendukung proses pembelajaran yang dapat diamati oleh siswa secara langsung,sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menalar dan memahami konsep matematika serta mengaplikasikan soal dengan tepat. Hal tersebut menyebabkan kemamampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa belum berkembang secara maksimal. Model pembelajaran LSQ berbantuan media geoboard diduga mampu membuat kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Abung Barat, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) Terdapat pengaruhMetode pembelajaran LSQ(Learning Starts With A Question) berbantuan media geoboard terhadap pemahaman konsep siswa, (2) Terdapat pengaruhMetode pembelajaran LSQ(Learning Starts With A Question) berbantuan media geoboard terhadap penalaran matematika siswa, (3)Terdapat pengaruhMetode pembelajaran LSQ(Learning Starts With A Question) berbantuan media geoboard terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran LSQ(Learning Starts With A Question), Media Geoboard, pemahaman konsep, penalaran matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:36
Last Modified: 09 Mar 2022 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item