PENGGUNAAN MEDIA AIR DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 16 KEMILING BANDAR LAMPUNG

INITIA, SARI (2022) PENGGUNAAN MEDIA AIR DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 16 KEMILING BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI INITIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan kognitif merupakan perkembangan dari pikiran (mind). Pikiran merupakan bagian-bagian otak untuk bernalar, berpikir, dan memahami sesuatu. Setiap hari pemikiran anak akan berkembang ketika mereka belajar dengan orang-orang yang berada disekitarnya. Pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif salah satunya adalah penggunaan media air. Dalam penggunaan media air anak-anak dapat mengenal karakteristik air, konsep bentuk, ukuran, suhu dan tekanan, oleh karena itu perlu adanya sebuah peranan dari seorang guru dalam membimbing peserta didiknya agar bermain dengan media air yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi perkembangan anak. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui penggunaan media air dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar 16 Kemiling Bandar Lampung.” Penelitian ini bersifat deskriptif kualitati dengan subjek penelitian yaitu 1 guru dan 22 peserta didik dikelas B2 sedangkan objek penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu mengembang kognitif anak melalui media air. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tekhnik analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat penulis simpulkan bahwa penggunaan media air dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun telah dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan langkah-langkah, diantaranya ialah: persiapan, pelaksanaan dan penutup. Dari pengamatan tersebut terdapat 5 anak mulai berkembang, 11 anak berkembang sesuai harapan dan 8 anak berkembang sangat baik. Pengamatan ini menghasilkan beberapa objek diantaranya: a) Guru menyiapkan media pembelajaran, b) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, c) Guru mengenalkan media yang akan digunakan, d) Guru memberikan contoh penggunaan media, e) Guru membimbing dan mengawasi anak dalam proses pembelajaran, f) Guru melaksanakan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dan g) Guru memberikan kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan. Kunci : media Air dan perkembangan kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:52
Last Modified: 08 Mar 2022 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18303

Actions (login required)

View Item View Item