STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA PESISIR BARAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN PANTAI PULAU PISANG

FARISSA, WIRMAN (2022) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA PESISIR BARAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN PANTAI PULAU PISANG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan kawasan pantai pulau pisang sebagai objek wisata melalui pengembangan kawasan pantai pulau pisang. Tujuan penelitin ini adalah bagaimana strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwiata Pesisir Barat dalam Pengembangan Kawasan Pantai Pulau Pisang. Lokasi penelitian ini dilakukan di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dan di kantor UPTD Pariwisata Pulau Pisang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan beberapa temuan data yang dirumuskan dalam bentuk uraian kata-kata. Dalam pengambilan data penulis menggunakan teknik snowball sampling berdasarkan karakteristik Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang, yaitu kepala Dinas Pariwisata, kasi promosi pariwisata dan budaya, anggota bidang destinasi dan SDM, anggota bidang SDM dan anggota bidang destinasi kantor UPTD Pariwisata Pulau Pisang, serta wisatawan. Didalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara sebagai metode utama, sedangkan metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam pengembangan Kawasan Pantai Pulau Pisang telah sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Thomas L Harris tentang three ways strategy. three ways strategy yang dilakukan oleh dinas pariwisata pesisir barat adalah, pertama Pull Strategy yaitu dengan mempromosikan kawasan pantai pulau pisang sebagai objek wisata menggunakan berbagai media terutama media sosial, kedua Push Strategy yaitu dengan cara melakukan pengembangan produk pariwisata kawasan pantai Pulau Pisang mulai dari Sumber daya manusia, Inflastruktur dan fasilitas, ketiga Pass Strategy dengan cara mengadakan Event di pesisir barat dan mengikuti Event yang dilaksanakan di luar Pesisir Barat. terbukti dengan diterapkannya three ways strategy tersebut objek wisata pulau pisang mengalami pengembangan baik dibidang pariwisata, Sumber daya manusia, inflstruktur, dan fasilitas. Dari ketiga strategi tersebut yang paling berpengaruh adalah Push Strategy karena Pull Strategy dan Pass Strategy tidak dapat dilakukan apabila Push Strategy belum diaplikasikan terlebih dahulu. Dan Tingkat keberhasilan Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata Pulau Pisang menggunakan Strategi Marketing Public Relations dapat dilihat dari peningkatan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pisang dari tahun 2017 ke 2018 sebanyak 47% wisatawan domestik dan 24% wisatawan mancanegara. Kata Kunci: Public Relations, Objek Wisata iii ABSTRACT The problem taken in this research is how the Marketing Public Relations strategy is carried out by the Tourism Office in promoting the banana island beach area as a tourist attraction through the development of the banana island beach area. The purpose of this research is how the Marketing Public Relations strategy of the West Coast Pariwiata Service in the Development of the Banana Island Coastal Area. The location of this research was carried out at the Pesisir Barat Regency Tourism Office and at the Pisang Island Tourism UPTD office. The data analysis technique used in this research is descriptive qualitative, which describes several data findings that are formulated in the form of a description of the words. In collecting data, the author uses a snowball sampling technique based on the characteristics. The data sources in this study consisted of 6 people, namely the head of the Tourism Office, the head of tourism and cultural promotion, members of the destination and human resources field, members of the HR field and members of the destinations of the UPTD Pulau Pisang Tourism office as well as tourists. In collecting data the author uses the interview method as the main method, while the method of observation and documentation as a complementary method. The results of this study are that the Marketing Public Relations strategy of the Pesisir Barat Regency Tourism Office in developing the Banana Island Coastal Area is in accordance with the theory presented by Thomas L Harris about the three ways strategy. The three ways strategy carried out by the West Coast Tourism Office is, firstly, the Pull Strategy, namely by promoting the banana island coastal area as a tourist attraction using various media, especially social media, and the second, Push Strategy, namely by developing tourism products in the Banana Island coastal area starting from natural resources. people, infrastructure and facilities, the three Pass Strategy by holding events on the west coast and participating in events held outside the west coast. as evidenced by the implementation of the three ways strategy, the banana island tourism object has developed both in the field of tourism, human resources, infrastructure, and facilities. Of the three strategies, the most influential is the Push Strategy because the Pull Strategy and Pass Strategy cannot be carried out if the Push Strategy has not been applied first. And the success rate of the Tourism Office in promoting Banana Island attractions using the Marketing Public Relations Strategy can be seen from the increase in tourists visiting Banana Island from 2017 to 2018 as many as 47% of domestic tourists and 24% of foreign tourists. Keywords: Public Relations, Tourist attraction

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:44
Last Modified: 08 Mar 2022 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item