“IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT GGL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TANJUNG ANOM KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH”

NANING, WULAN RAMADANTI (2022) “IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT GGL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TANJUNG ANOM KECAMATAN TERUSAN NUNYAI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH”. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of NANING WULAN RAMADANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Melalui Program Ternak Sapi dan Pemberdayaan Masyarakat PT. Great Giant Livestock di Kabupaten Lampung Tengah, dalam kebijakan perusahaan, kebanyakan perusahaan masih memfokuskan dirinya sebagai organisasi yang mencari keuntungan belaka. Mereka memandang bahwa sumbangan kepada masyarakat cukup diberikan dalam bentuk penyediaan lapangan kerja, pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui produknya, dan pembayaran pajak kepada negara. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukannya, melainkan juga bertanggung jawab secara sosial. Selain terdapat ketimpangan ekonomi antara pelaku usaha dengan masyarakat di sekitarnya. PT GGL memiliki komitmen kuat untuk meneruskan bisnis secara etis dan taat hukum, membantu usaha-usaha peningkatan ekonomi, dan turut memperbaiki kehidupan para karyawan serta masyarakat sekitar wilayah operasi. Metode penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, tujuan penelitian ini adalah meneliti implementasi perusahaan dalam memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasional melalui program CSR, dalam menganalisis peneliti menggunakan metode analisis deskriptif yaitu menggambarkan program CSR PT GGL , bagaimana implementasi CSR dan dampak paska kegiatan. Hasil penelitian yang dilakukan di CSR PT GGL ini dapat diketahui bahwa program-program CSR PT GGL menitik beratkan pada community development dan suistainable development. Tahap penerapan dalam program ternak sapi dan pemberdayaan masyarakat mulai dari menyusun program CSR dengan rencana strategis, proses selanjutnya adalah implementasi program dengan pola sentralisasi, yaitu CSR GGL sebagai pelaksana/penyelenggara kegiatan. Mekanisme yang digunakan adalah Top-Down Process, program berdasar pada survey yang telah disepakati oleh penerima manfaat. Evaluasi dan reporting juga rutin dilaksanakan untuk mengontrol setiap program. Dampak paska kegiatan pada program ternak sapi dan pemberdayaan masyarakat di antaranya adalah keberlanjutan di bidang manusia, sosial, lingkungan dan ekonomi. Kata Kunci : Implementasi Corporate Social Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:35
Last Modified: 08 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item