ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KONTRAK TV KABEL BERLANGGANAN INTERNET INDIHOME (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bandar Lampung)

MELDA, PRATIWI (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KONTRAK TV KABEL BERLANGGANAN INTERNET INDIHOME (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELDA FIXX(2).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kontrak atau perjanjian sewa menyewa banyak digunakan dalam masyarakat. Salah satunya yaitu sewa atau kontrak TV kabel berlangganan internet. Perjanjian atau kontrak TV kabel berlangganan internet ini menerapkan sistem sewa-menyewa yang tiap bulannya pelanggan diwajibkan untuk membayar tagihan sesuai paket yang dipilih pada saat awal akad. Penulis menemukan fenomena dalam praktik TV kabel berlangganan internet yaitu ketidaksesuaian biaya tagihan dengan awal akad dan teradapat biaya tambahan pada saat pemasangan yang dilakukan oleh salah satu oknum. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik kontrak TV kabel berlangganan internet indihome pada PT Telkom Witel Bandar Lampung dan bagaimana Analisis hukum Islam tentang praktik kontrak TV kabel berlangganan internet indihome pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik kontrak TV kabel berlangganan internet indihome yang dilakukan oleh Witel Bandar Lampung dan mengetahui Analisis hukum Islam tentang praktik kontrak TV kabel berlangganan internet indihome. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode berpikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan pihak yang bersangkutan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. untuk populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Pihak penyedia layanan dan pelanggan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data. Berdasarkan hasil penelitian praktik kontrak TV kabel berlangganan internet indihome terdapat adanya hal menyimpang terkait biaya tambahan kabel yang seharusnya tidak perlu dibayarkan, terdapat biaya pasang yang seharusnya dibayarkan di bulan depan setelah pemakaian tetapi ditagih pada saat pemasangan oleh pihak instalatir dan dalam praktiknya juga kurang adanya informasi biaya tagihan yang berubah-ubah. Dapat dikemukakan bahwa sesungguhnya kontrak TV kabel berlangganan internet indihome pada PT Telkom Indonesia Witel Bandar Lampung sudah memenuhi rukun dan syarat akad ijarah yang sesuai dengan hukum Islam. Tetapi dalam praktiknya masih terdapat penyimpangan oleh oknum yang dapat menyebabkan kerugian bagi konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:31
Last Modified: 08 Mar 2022 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18289

Actions (login required)

View Item View Item