TINJAUAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO. 16 TAHUN 2019 BERDASARKAN PERDA NO. 31 TAHUN 2007 TENTANG PEMAKAIAN BUSANA MUSLIM DAN MUSLIMAH (Studi di Kantor Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera).

SUSI, INDRIANI (2022) TINJAUAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NO. 16 TAHUN 2019 BERDASARKAN PERDA NO. 31 TAHUN 2007 TENTANG PEMAKAIAN BUSANA MUSLIM DAN MUSLIMAH (Studi di Kantor Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SUSI INDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Al-Quran dan Hadist menyeru umat Islam untuk menutup auratnya baik itu bagi kaum laki laki maupun perempuan, sesuai batasan�batasan yang telah ditentukan dalam syariat Islam. Kabupaten Mandailing Natal adalah salah satu kabupaten yang mengeluarkan aturan bahawa seluruh pegawai ASN yang ada dilingkungan Mandailing Natal wajib mengenakan busana muslim dan muslimah sesuai Perda No.31 tahun 2007 dan setiap hari jumat pegawai ASN laki-laki wajib mengenakan sarung dan bagi perempuan wajib mengenakan syari selama jam kerja sesuai ketentuan peraturan Bupati nomor 16 tahun 2019, hal ini bertujuan untuk mencerminkan bahwasanya Mandailing adalah kabupaten yang paling banyak memiliki sekolah pesantren di Sumatera Utara dan melatih pegawai�pegawai ASN untuk membiasakan menutup aurat sesuai syariat Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: “Bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi peraturan Bupati nomor 16 tahun 2019 berdasarkan Perda No.31 tahun 2007 di lingkungan pemerintah Kabupaten Mandailing Natal? Apasaja problematika dalam pelaksanaan peraturan Bupati nomor 16 tahun 2019 tentang pakaian dinas pegawai ASN berdasarkan Perda No.31 tahun 2007 di lingkungan pemerintah Kabupaten Mandailing Natal?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peraturan Bupati nomor 16 tahun 2019 tentang pakaian dinas pegawai ASN berdasarkan Perda No.31 tahun 2007 di lingkungan pemerintah Kabupaten Mandailing Natal serta problematika apasaja yang dihadapi dalam pelaksanaan daripada aturan tersebut. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan penulis metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analis data dalam penelitian menggunakan analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peraturan Bupati nomor 16 tahun 2019 sudah terlaksana namun belum tersosialisasikan secara keseluruhan, pegawai ASN memiliki ilmu pengetahuan dalam berbusana muslim dan muslimah dan menutup aurat hukumnya wajib, tetapi pada prakteknya iv dilapangan masih banyak sekali pegawai ASN yang memakai pakaian sesuai kemauan sendiri yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Problematika yang dialami dalam pelaksanaan peraturan ini karena sanksi yang diberikan tidak tegas sehingganya banyak yang melanggar. Kata kunci: Siyasah Dusturiyah, Peraturan Bupati, Pegawai ASN, Busana Muslim dan Muslimah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:21
Last Modified: 08 Mar 2022 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item