ANALISIS PERKEMBANGAN PENGELOLAAN WAKAF TUNAI DALAM MENINGKATKAN MANFAAT HARTA WAKAF (Studi pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul ‘Ulum Pesawaran)

ESSI, NILA NOVITASARI (2022) ANALISIS PERKEMBANGAN PENGELOLAAN WAKAF TUNAI DALAM MENINGKATKAN MANFAAT HARTA WAKAF (Studi pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul ‘Ulum Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ESSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bank Wakaf Mikro merupakan lembaga keuangan non bank syariah yang ijin operasionalnya berada di bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan dasar hukum pendiriannya merupakan koperasi. Bank Wakaf Mikro merupakan pilot project dalam mengembangkan akses jasa keuangan di lingkungan pondok pesantren. Kehadiran Bank Wakaf Mikro (BWM) diyakini dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, dan dapat mempermudah mendapat permodalan. Perbankan mengenakan bunga yang cukup besar kepada debitur. Sedangkan, Bank Wakaf Mikro hanya mengenakan biaya operasional dan biaya adiministrasi sebesar tiga persen per tahun. Sehingga, pinjaman modal dengan jumlah kecil bisa didapat masyarakat melalui Bank Wakaf Mikro (BWM) ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan wakaf tunai pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul „Ulum Bagaimana pemanfaatan harta wakaf tunai Bagi Nasabah Di Bank Wakaf Mikro Minhadlul „Ulum. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pengelolaan wakaf tunai dalam meningkatkan manfaat harta wakaf. Dengan mengambil studi kasus di Bank Wakaf Mikro Minhadlul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam pengelolaan wakaf tunai yang dilakukan oleh bank wakaf mikro minhadlul ulum dengan memberikan pembiayaan kepada masyarakat sekitar yang sudah bergabung sebagai nasabah telah berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yang mengambil pembiayaan tersebut berpengaruh terhadap adanya peningkatan jumlah produksi/jumlah penjualan, pendapatan usaha, laba usaha, dan kondisi perekonomian. Meskipun mengalami peningkatan, namun peningkatan tersebut tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Kata kunci : Bank Wakaf Mikro (BWM), pengelolaan wakaf tunai, manfaat harta wakaf bagi nasabah, Pendampingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:17
Last Modified: 08 Mar 2022 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18284

Actions (login required)

View Item View Item