PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DI KEDAI KOPI KINI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ANITA, NOVITA SARI (2022) PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DI KEDAI KOPI KINI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DI KEDAI KOPI KINI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Oleh Anita Novita Sari ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam dunia bisnis karena tingkat persaingan yang sangat ketat diantara coffee shop yang ada di Lampung . Hal yang dapat membuat coffee shop dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar adalah dengan cara memberikan atau menetapkan harga yang relative murah dibandingkan para pesaing , harga yang murah dan terjangkau dapat menjadikan minat beli konsumen untuk menggunakan suatu barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan .Serta memberikan kualitas yang baik untuk para konsumen. jika hal tersebut sudah terpenuhi maka konsumen akan merasa puas. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh penetapan harga dan kualitas pelayanan Kedai Kopi Kini terhadap kepuasan konsumen? 2) Bagaimana pengaruh penetapan harga dan kualitas pelayanan Kedai Kopi Kini terhadap kepuasan konsumen secara simultan ? 3) Bagaimana penetapan harga dan kualitas pelayanan di Kedai Kopi Kini terhadap kepuasan konsumen dalam persepektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh startegi penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Kedai Kopi Kini secara simultan dan parsial. Serta untuk mengetahui dan menganalisa penetapan harga dan kualitas pelayanan di Kedai Kopi Kini terhadap kepuasan konsumen dalam perspektif Ekonomi Islam. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling nonprobably sampling dan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Dan menggunakan metode statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas, uji prasyarat analisis, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. iii Untuk mendukung hasil penelitian, data penelitian yang diperoleh akan dianalisis dengan alat statistik melalui bantuan program SPSS. Berdasarkan pengujian secara parsial bahwa harga memiliki nilai thitung = 2,117 lebih besar dari ttabel= 2,028, variabel kualitas pelayanan memiliki thitung=0, 465 lebih kecil dari ttabel = 2,028. Hasil uji simultan menunjukan fhitung = 5.209 lebih besar dari ftabel = 2.70. dan pada perhitungan uji hasilnya sebesar 54% dan sisanya sebesar 46% dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan oleh peneliti. Dalam pandangan islam harga yang ditetapkan oleh Kedai Kopi Kini sudah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam , yaitu berdasarkan prinsip keadilan. Suka sama suka dari kedua belah pihak dan tidak ada yang dirugikan atau adanya paksaan. Kualitas Pelayanan di Kedai Kopi Kini juga sudah sesuai dengan pandangan Ekonomi Islam dengan memberikan pelayanan yang baik dan berpakaian rapih, sopan dan bersih. Kata Kunci : Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:10
Last Modified: 08 Mar 2022 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18280

Actions (login required)

View Item View Item