TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN JASA DENGAN JASA (STUDI DI DESA KAYU BATU KECAMATAN GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN)

SRI, RAHAYU (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN JASA DENGAN JASA (STUDI DI DESA KAYU BATU KECAMATAN GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Upah mengupah (ujrah) merupakan salah satu bentuk dari mu’amalah. Sebagai contoh, upah mengupah yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, biasa pembayaran upah jasa itu menggunakan pembayaran dengan sejumlah uang, tetapi pada masyarakat Desa Kayu Batu pembayarannya unik yaitu dengan menggunakan pembayaran jasa, maksudnya adalah pembayaran upah jasa dibayar dengan jasa pula atau tenaga dengan tenaga. Faktor yang menyebabkan pembayaran jasa dengan jasa adalah karena keterbatasan biaya para petani untuk membayar jasa buruh jadi mereka menggunakan jasa mereka untuk upah pembayaran tersebut dan Praktik pembayaran jasa ini sudah turun-temurun dilakukan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik pembayaran jasa dengan jasa di Desa Kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan ? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang praktik Pembayaran jasa pekerjaaan dengan jasa di Desa Kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek pembayaran jasa dengan jasa di Desa Kayu Batu dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktek pembayaran jasa dengan jasa di Desa Kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode berfikir induktif. Metode induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala yang atau kaidah-kaidah dilapangan yang umum mengenai fenomena yang diselidiki. Hasil dari penelitian ini adalah akad upah yang diawali oleh ijab dan qabul antara mu’jir dan musta’jir untuk melakukan kerjasama dalam pamanenan buah kopi, dengan kesepakatan bahwa upah yang diberikan berbentuk timbal balik jasa. Tetapi dalam perakteknya masyarakat sering menyepelekan kekurangan waktu pembayaran yang setengah hari, terkadang hal tersebut yang membuat ketidakadilan diantara kedua belah pihak mengenai pembayaran jasa tersebut. Sedangkan tinjauan hukum Syari’ah tentang praktik pembayaran jasa dengan jasa ini bila diikaitkan dengan konsep muamalah, praktik pelaksanaan pembayaran jasa dengan jasa yang terjadi di Desa Kayu Batu belum sesuai dengan hukum Islam karena dalam pembayaran jasa dengan jasa akan terjadi kezhaliman yang diakibatkan oleh kurangnya Pembayaran terhadap kelebihan jasa tersebut.. Keywords : Jasa, Praktek, dan Pembayaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:11
Last Modified: 08 Mar 2022 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item