TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGUPAHAN PEKERJA HARIAN KEBUN KOPI (Studi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim)

DEVI, ANGGRENI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENGUPAHAN PEKERJA HARIAN KEBUN KOPI (Studi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan makhluk sosial dimana mereka saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, seperti halnya dalam ijarah upah mengupah dimana pemberi kerja membutuhkan pekerja atau buruh untuk membantunya melakukan pekerjaan dengan upah sebagai pengganti atas jasa yang telah diberikan. Sebagaimana yang terjadi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim dalam pengupahan buruh tani dengan sistem upah dibayar secara berangsur, dalam praktiknya yaitu mu‟ajir memberikan upah atas jasa musta‟jir dengan cara berangsur, upah diberikan separuh pada awal sebelum bekerja kemudian sisanya akan dibayar pada waktu yang tidak disepakati dalam akad atau dengan kata lain tidak adanya akad waktu pembayaran upah berakhir. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana praktik pengupahan pekerja harian kebun kopi di desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik pengupahan pekerja harian kebun kopi di desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Tujuan Penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui praktik pengupahan pekerja harian kebun kopi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Kedua, untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik pengupahan pekerja harian kebun kopi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, yaitu melalui wawancara dan studi pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa datanya yaitu kualitatif dengan pendekatan berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, praktik pengupahan yang terjadi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim yaitu praktik pembayaran upah yang dilakukan secara berangsur dengan tanpa adanya akad yang jelas terkait berakhirnya pembayaran upah, dalam pembayaran upah pemilik kebun kopi akan membayarkan upah terlebih dahulu dan sisanya akan dibayarkan setelah pemilik kebun kopi mempunyai uang. Hal tersebut didasarkan kepada adat kebiasaan yang dilakukan masyarakat dan sudah diakui sehingga masing-masing pihak sudah menerima satu sama lain. Namun walaupun demikian beberapa pemilik kebun kopi tetap saja melakukan penundaan pembayaran walaupun mempunyai uang untuk membayar pekerja. Sedangkan dalam tinjauan hukum Islam praktik pengupahan yang terjadi di Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut tidak dibenarkan karena telah melakukan penundaan pembayaran upah. Dalam Islam menunda pembayaran upah tersebut berarti telah melakukan kedzaliman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:54
Last Modified: 08 Mar 2022 05:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item View Item