PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Gunawan, Ade (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Ade_Gunawan_1111050084.pdf]
Preview
PDF
Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh Ade Gunawan NPM: 1111050084 Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung disebabkan karena sebagian besar peserta didik hanya menghafal rumus tanpa mengerti konsep, sehingga mereka akan menemui kesulitan bila terdapat pengembangan soal yang membutuhkan pemecahan masalah dan logika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Trade a Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental semu dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket gaya belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh bahwa Fa > F_tabel, Fb > F_tabel, dan Fab < F_tabel. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Trade a Problem dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2)Terdapat perbedaan pengaruh antara peserta didik dengan gaya visual, audiotorial, dan kinestetik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Trade a Problem dengan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Trade a Problem, Gaya Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:47
Last Modified: 01 Nov 2017 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item