PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan)

EMA, SANTIKA YANA (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Ema .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pajak sebagai salah satu penyumbang pendapatan terbesar di Indonesia, dimana pajak tersebut digunakan untuk salah satu sumber pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Salah satu penerimaan pajak daerah adalah Pajak Bumi dan Bangunan. Peranan pajak sebagai alat untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat sangat diharapkan bisa segera diwujudkan. Dalam kurang lebih 13 tahun era reformasi ekonomi dan modernisasi perpajakan sejak tahun 2000, banyak hal telah dicapai dalam perekonomian Indonesia, termasuk di dalamnya reformasi perpajakan Indonesia untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini mencoba untuk melihat pengaruh dari kepemimpinan kepala desa dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan berdasarkan tingkat realisasi pajak di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah motode kuantitatif dengan teknik kuesioner yang diambil secara purposive sampling kepada kepala desa dan wajib pajak PBB-P2 Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.Reponden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dan Kepala Desa 18 orang.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data peneltian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan variabel Kepemimpinan (X1), Kesadaran Wajib Pajak (X2), dan Variabel Y yaitu Kepatuhan membayar Pajak PBB. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan mengenai variabel kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak PBB dengan hasil Uji T yang menunjukkan Probability sebesar 0,0032, dikatakan berpengaruh jika probability dibawah 0,05. Sedangkan variabel kepemimpinan kepala desa tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan karena dari hasil Uji T menunjukkan nilai probability diatas 0,05 yaitu 0,3683. Data hasil koefisien determinasi menunjukkan 0,085987 atau sebesar 85%.Berarti variabel kepemimpinan kepala desa dan kesadaran wajib iii pajak merupakan faktor kepatuhan dan 15% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terdapat pada penelitian ini.Pendapatan negara yang masuk ke negara dalam Islam yang bersumber pada pendapatan negara yang dikumpulkan pada waktu yang telah ditentkan yaitu Zakat.Pajak menurut perspektif Ekonomi Islam bertujuan untuk kemaslahatan umat dimana hasil penerimaan pajak yang dilaksanakan oleh negara maka digunakan untuk kepentingan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pembangunan lainnya. Kata Kunci : Kepatuhan Membayar Pajak, Kepemimpinan Kepala Desa dan Kesadaran Pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:37
Last Modified: 08 Mar 2022 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18256

Actions (login required)

View Item View Item