MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

FERI, DWI MASUNAH (2022) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi FERI DWI MASUNAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan bukanlah hal yang baru di masyarakat, dimana-mana telah diselenggarakan perpustakaan, termasuk di sekolah. Salah satu fungsi dari perpustakaan adalah fungsi edukatif sebagai fungsi edukatif maka perpustakaan sekolah dikelola dengan baik terutama dalam hal manajemennya yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan tujuan siswa merasa nyaman dengan layanan dan tempat saat siswa berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana layanan sirkulasi, dengan layanan referensi di perpustakaan MIN 9 Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi pada penelitian ini berasal dari kepala perpustakaan dan peserta didik. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan karena kepala perpustakaan terlibat langsung dalam perpustakaan di MIN 9 bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam manajemen perpustakaan khususnya dari pelayanan meliputi layanan sirkulasi atau peminjaman, saat pelayanan dilaksanakan di MIN 9 Bandar Lampung menerapkan system layanan terbuka dan manualisasi. Pengembalian buku- buku yang telah dipinjam, pengembalian buku menerapkan peraturan tentang lamanya peminjaman, setiap peserta didik memiliki kartu anggota perpustakaan sejak semester awal masuk sekolah, dan pustakawan membuat grafik statistic pengunjung. Layanan referensi yang dilaksanakan di MIN 9 Bandar Lampung yaitu pelayanan pemberi informasi dan pemberian bimbingan belajar. Tugas pelayanan informasi terselenggara dengan efektif dan efisien di dukung dengan factor kelengkapan koleksi dan factor kemampuan petugas pelayanan informasi bimbingan belajar yaitu dengan cara memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik yang kurang paham. Kata Kunci : Manajemen, Layanan Perpustakaan iii ABSTRACK Libraries are a new thing in society, library management is everywhere, including in schools. One of the functions of the library is an educational function as an educative function, so the school library is managed properly, especially in terms of management which includes planning, organizing, mobilizing and supervising with the aim that students feel comfortable with the services and places when students visit the library. This study aims to describe how circulation services, with reference services at the MIN 9 Bandar Lampung library This study uses a qualitative descriptive approach, this study uses data collection techniques through interviews, observation and documentation. Information in this study came from the head of the library and students. The main informant in this study was the head of the library because the head of the library was directly involved in the library at MIN 9 Bandar Lampung. Based on the results of the study, it can be seen that in library management, especially from services including library services or borrowing, when the services applied at MIN 9 Bandar Lampung apply an open service system and manualization. The return of books that have been borrowed, books that apply regulations regarding borrowing, each student has a library membership card since the first semester of school, and the librarian makes visitor graph statistics. Reference services carried out at MIN 9 Bandar Lampung are information services and tutoring services. The task of providing information services is carried out effectively and efficiently, supported by the completeness of the collection factor and the ability factor of the tutoring information service officer, namely by providing tutoring to students who do not understand. Keywords: Management, Library Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:51
Last Modified: 07 Mar 2022 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item