PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS BERBANTU APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI/SD

FAHRUL, RIFAUZI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS BERBANTU APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI/SD. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan media interaktif berbasis keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD merupakan tujuan dari dilakukanya penelitian ini. Pengembangan media ini menggunakan aplikasi flip PDF professional. Materi yang ada dalam media yang dikembangkan adalah tema 5 ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Dalam menentukan kelayakan produk, penelitian ini melakukan validasi kepada 6 validator ahli yang terdiri dari mesing-masing dua validator ahli media, materi, dan bahasa. Uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari uji coba skala kecil dengan subjek penelitian 18 peserta didik, dan uji coba skala besar dengan subjek penelitian 53 peserta didik. Penilaian kelayakan produk dalam penelitian ini adalah respon peserta didik dengan jumlah total 71 peserta didik, penilaian pendidik dengan jumlah 2 pendidik, dan observasi keterampilan proses yang muncul berdasarkan indikator dari I Wayan Sudja. Hasil dari penelitian ini mendapatkan penilaian rata-rata presentase dari dua validator ahli media berjumlah 83,45% dengan kategori “sangat baik”, dua validator ahli materi 86,72% dengan kategori “sangat baik”, dan dua validator ahli bahasa mendapatkan presentase rata-rata 81,17% dengan kategori “sangat baik”. Penelitian ini juga mendapatkan penilaian rata-rata respon peserta didik pada skala kecil dan skala besar berjumlah 86,13% dan 87,72% dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, penelitian ini mendapatkan skor rata-rata presentase 86,48% dan 95,08% dari penilaian pendidik kelas V dalam uji coba skala kecil dan skala besar, sehingga memperoleh kriteria “sangat baik”. Observasi keterampilan proses sains yang muncul pada peserta didik memperoleh presentase rata-rata 79,8% dengan kategori “baik” pada saat uji coba skala kecil, dan 86,81% dengan kategori “sangat baik” pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam uji coba dan validasi ahli, maka media interaktif berbasis keterampilan proses sains berbantu aplikasi flip PDF professional pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD dikategorikan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media interaktif, keterampilan proses sains, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:42
Last Modified: 07 Mar 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18221

Actions (login required)

View Item View Item