PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEKTOR PANGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara)

RIO, FIRMANSYAH (2022) PERANAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SEKTOR PANGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIO FIRMANSYAH, 1651010041.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis yang menyangkut kebutuhan hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. UMKM memegang peranan penting sebagai sektor yang potensial dan penjaga stabilitas perekonomian. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Pangan Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Syariah? Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pangan Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, sifat penelitian ini adalah deskriptif analisisis. Analisis pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Desa Sribasuki sudah cukup baik, terlihat dari hasil penelitian diketahui bahwa responden mendapatkan peningkatan dalam hal kepemilikan rumah setelah adanya UMKM di desa sribasuki, yaitu sebanyak 25 orang memiliki rumah sendiri sesudah adanya UMKM tahu, 7 orang yang masih menyewa rumah dan 2 orang masih tinggal bersama orang tua. Selain itu, dengan adanya UMKM di desa Sribasuki juga terbukti meningkatkan pendapatan responden, meskipun pendapatannya masih tergolong rendah. Kesadaran akan kesehatan juga telah dirasakan oleh masyarakat di Desa Sribasuki, khususnya para responden yang sadar akan kesehatan pada anggota keluarganya. Hampir 92,5 % para responden mampu pergi untuk berobat jika anggota keluarganya sakit bahkan sebelum mereka bekerja di kegiatan UMKM pun mereka pergi berobat. Dengan ini kegiatan UMKM sektor pangan tersebut memiliki peran yang sudah baik bagi kesejahteraan masyarakat dan menambah pendapatan masyarakat sekitar sehingga dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari seperti pangan, maupun kebutuhan lainnya. Tinjauan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menurut perspektif Ekonomi iii Syariah dapat dilihat dalam segi produksi yakni diantaranya menyediakan serta menciptakan sesuatu yang bernilai dan berguna bagi masyarakat baik berupa barang maupun jasa. Kegiatan UMKM Sektor Pangan ini telah memenuhi proses produksi dan pemenuhan pendapatan sesuai yang ditetapkan dalam Islam sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Sribasuki kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara. Kata kunnci: Kesejahteraan, Lampung Utara, Sektor Pangan, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:35
Last Modified: 07 Mar 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18214

Actions (login required)

View Item View Item