JULIKA, RAHMAH (2022) ANALISIS PROMOSI MELALUI FOOD BLOGGER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KULINER DI WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan internet saat ini, e-marketing merupakan bentuk usaha baru dalam memasarkan produk atau jasa serta membangun komunikasi dengan konsumen melalui internet. Penggunaan internet marketing sebagai media komunikasi dalam pemasaran dipengaruhii oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi terutama internet. Seiring berjalannya waktu, instagram kini juga digunakan sebagai tempat promosi. Berbagai macam bentuk usaha dipromosikan lewat instagram, salah satu usaha yang banyak dipromosikan melalui instagram yaitu usaha kuliner. Perkembangan UKM menjadi salah satu pilar dalam menopang perekonomian negara. Salah satunya promosi melalui akun Food Blogger ini diminati oleh berbagai pelaku usaha kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk promosi food blogger @kuliner_lampung pada media sosial instagram serta mengetahui apakah promosi melalui food blogger @kuliner_lampung dapat meningkatkan perkembangan UKM Kuliner. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dengan 8 UKM di Way Halim dan observasi atau pengamatan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Kriteria responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu responden yang memiliki usaha Kecil, dan Menengah (UKM) kuliner di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung yang merupakan pengguna instagram yang mempromosikan produk dan restorannya melalui akun food blogger. Berdasarkan hasil yang didapat dari wawancara dan observasi mengenai promosi melalui food blogger dan wawancara kepada 8 UKM kuliner di Way Halim, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan omset penjualan pada 8 UKM tersebut. Promosi melalui food blogger @kuliner_lampung secara berulang-ulang sesuai kebutuhan, karena merasakan efek yang positif. Sedangkan untuk aset, dari 8 UKM hanya ada 5 UKM yang sudah memiliki cabang usaha, 3 UKM, dapat dipastikan bahwa setelah melakukan promosi, pemilik usaha mendapatkan untung yang lebih dari biasanya dan dapat melanjutkan usahanya. Kata Kunci : Food Blogger, Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) iii ABSTRACT The development of the internet today, e-marketing is a new form of business in marketing products or services as well as building communication with consumers via the internet. The use of internet marketing as a communication medium in marketing is influenced by the rapid development of communication technology, especially the internet. Over time, Instagram is now also used as a place of promotion. Various forms of business are promoted through Instagram, one of the businesses that is widely promoted through Instagram is the culinary business. The development of SMEs is one of the pillars in supporting the country's economy. One of them is promotion through the Food Blogger account which is in demand by various culinary business actors. The purpose of this study is to find out how the promotion of food blogger @kuliner_lampung on social media Instagram and find out whether promotion through food blogger @kuliner_lampung can increase the development of culinary SMEs. The type of research used in this research is descriptive qualitative research. The data in this study are the results of interviews with 8 SMEs in Way Halim and observations. The technique used in the sampling of this research is purposive sampling technique. The criteria for respondents who were sampled in this study were respondents who had Small and Medium Enterprises (SMEs) culinary in Way Halim District, Bandar Lampung, who were Instagram users who promoted their products and restaurants through aaccount food blogger. Based on the results obtained from interviews and observations regarding promotions through food bloggers and interviews with 8 culinary SMEs in Way Halim, it can be concluded that there was an increase in sales turnover in these 8 SMEs. Promotion through food blogger @kuliner_lampung repeatedly as needed, because it feels a positive effect. As for assets, from 8 SMEs there are only 5 SMEs that already have business branches, 3 SMEs, it can be ascertained that after carrying out the promotion, the business owner gets more profit than usual and can continue his business. Keywords: Food Blogger, Development of Small and Medium Enterprises (SMEs)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 07:31 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 07:31 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18212 |
Actions (login required)
View Item |