PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

KURNIAWATI, SUMADI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG Oleh : Kurniawati Aspek penting dalam pembelajaran sains di sekolah menengah pertama yaitu literasi sains. Keterampilan ini harus dimiliki supaya mampu mengaplikasikan sains dengan benar akan tetapi kemampuan literasi sains peserta dididk masih tergolong rendah pada pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini adalah Jenis penilitian kuantitatif menggunakan metode Quaisy Experiment, subyek terdiri dari 62 peserta didik dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Desain penelitian The Posttest Only Control Group Desaign. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil perhitungan uji-t dua sampel yang tidak berkorelasi dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai . Artinya nilai , sehingga ditolak dan diterima. Terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian perlakuan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat mengukur sejauh mana peningkatan kemampuan literasi sains yang dihasilkan setelah perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa dengan model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Blended Learning, Literasi Sains, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:28
Last Modified: 07 Mar 2022 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18210

Actions (login required)

View Item View Item