KURNIAWATI, SUMADI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG Oleh : Kurniawati Aspek penting dalam pembelajaran sains di sekolah menengah pertama yaitu literasi sains. Keterampilan ini harus dimiliki supaya mampu mengaplikasikan sains dengan benar akan tetapi kemampuan literasi sains peserta dididk masih tergolong rendah pada pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini adalah Jenis penilitian kuantitatif menggunakan metode Quaisy Experiment, subyek terdiri dari 62 peserta didik dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Desain penelitian The Posttest Only Control Group Desaign. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil perhitungan uji-t dua sampel yang tidak berkorelasi dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai . Artinya nilai , sehingga ditolak dan diterima. Terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian perlakuan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat mengukur sejauh mana peningkatan kemampuan literasi sains yang dihasilkan setelah perlakuan. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa dengan model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Blended Learning, Literasi Sains, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 07:28 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 07:28 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18210 |
Actions (login required)
View Item |