ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AN-NAWAWI (ANALISIS TERJEMAHAN KITAB AT-TIBIYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM ZAKARIA YAHYA BIN SYARAF AN-NAWAWI)

ANNISA, PAULIA (2022) ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AN-NAWAWI (ANALISIS TERJEMAHAN KITAB AT-TIBIYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM ZAKARIA YAHYA BIN SYARAF AN-NAWAWI). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab 1 -2 Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Annisa Paulia Adab menurut bahasa adalah kesopanan, tingkah laku yang baik, kehalusan budi dan tata susila. . islam tak hanya menekankan pentingnya ilmu. Akhlak mulia juga sangat penting, bahkan lebih penting lagi. Adab memiliki kedudukan yang tinggi dalam menuntut ilmu, begitu pentingnya adab sehingga ulama berkata “belajar satu bab adab lebih baik daripada engkau belajar 70 bab ilmu.” Adab merupakan pondasi agama. Orang yang beradab akan dicintai masyarakat, orang yang tidak beradab hidupnya tidak diberkahi Allah dan ilmunya juga tidak bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adab pendidik dan peserta didik al-qur‟an dalam belajar dan mengajarkan al-qur‟an menurut pendapat imam An-Nawawi dalam karyanya yaitu Kitab At-Tibiyan Fi Adabi Hamalati Qur‟an dan mengetahui bagaimana relevansinya terhadap pendidikan agama islam. Jenis penelitian pada skripsi ini yaitu penelitian kepustakaan (Library Research). Yakni bersifat deskriptif analisis yang dimana sumber data yang digunakan didapatkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Setelah data telah terkumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data yang berupa analisis isi (content analiysis). Berdasarkan analisis data dala pembahasan skripsi ini dapat dikeahui bahwa peserta didik dan pendidik ketika menuntut ilmu harus mengetahui tugas-tugas serta kewajiban sebelum mengajar dan belajar seperti diawali dengan niat dan tujuan hanya karna Allah SWT, dan bersungguh�sungguh dalam mengajarkan dan mempelajar ilmu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adab pendidik menurut Imam An-Nawawi, yaitu: 1) Berniat mengharap ridha Allah SWT semata, 2) Tidak megharapkan hasil duniawi, 3) Waspadai sifat sombong, 4) Menghiasi diri dengan akhlak terpuji, 5) Memperlakukan murid dengan baik, 6) Menasihati murid, 7) Memperlakukan murid dengan rendah hati, 8) Mendidik murid memiliki adab mulia, 9) Hukum mengajar fardhu kifayah, 10) Bersemangat mengajar, 11) Mendahulukan giliran yang lebih dahulu datang, 12) Niat lillahi Ta‟ala, 13) Tidak merendahkankan ilmu, 14) Memiliki majelis yang luas. Sedangkan adab peserta didik menuru Imam An�Nawawi, yaitu: 1) Berguru kepada guru yang berkompeten, 2) Berpenampilan sopan, 3) Bersikap sopan dan bergabung dengan yang lain, 4) Belajar tatkala hati guru senang, 5) Bersemangat tinggi, 6) Belajar di waktu pagi. Kata Kunci: Adab Pendidik dan Peserta didik, Imam An-Nawawi, Relevansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:23
Last Modified: 07 Mar 2022 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18208

Actions (login required)

View Item View Item