MAJELIS TAKLIM DAN PILIHAN POLITIK MASYARAKAT (Studi Kasus Jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

RISKY, ILMAWAN (2022) MAJELIS TAKLIM DAN PILIHAN POLITIK MASYARAKAT (Studi Kasus Jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). PhD thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi - Rizky Ilmawan-Fak.Ushuluddin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MAJELIS TAKLIM DAN PILIHAN POLITIK MASYARAKAT (Studi Kasus Jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung) Oleh : RIZKY ILMAWAN Majelis Taklim Rachmat Hidayat yang dipimpin oleh Hj. Eva Dwiana merupakan salah satu kandidat pada pemilihan walikota dan wakil walikota Bandar Lampung tahun 2020. Majelis Taklim Rachmat Hidayat kini semakin berkembang dan banyak di setiap lingkungan masyarakat hingga di plosok kota Bandar Lampung, sehingga menjadikan Majelis Taklim Rachmat Hidayat ini sebagai salah satu terget utama bagi aktor politik maupun kepentingan politik guna mencari dukungan didalam kontestasi politik. Melihat kondisi ini peneliti tertarik melakukan penelitian yang terkait dengan pilihan politik dan faktor yang menentukan pilihan politik jamaah majelis taklim rachmat hidayat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pilihan politik dan faktor yang menentukan pilihan politik jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat pada pemilihan walikota dan wakil walikota bandar lampung tahun 2020. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah “field research” dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ini mengunakan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat, adapun subjek penelitian yang dijadikan sampel yang diambil dari populasi ini menggunakan teknik ‘’Snawball Sampling’’. Dari hasil temuan di lapangan dan proses wawancara membuktikan bahwa mayoritas jamaah Majelis Taklim Rachmat Hidayat telah memilih paslon walikota dan wakil walikota Bandar Lampung tahun 2020 dengan pilihan politik jamaah Majelis Taklim dari 18 responden 14 diantaranya adalah memilih pasangan calon no urut 3 yakni Hj. Eva dwiana dan H. Deddy Amrullah. Faktor yang menentukan pilihan politik jamaah tersebut di dominasi oleh tipologi pemilih tradisional yakni untuk melihat pengaruh dan pilihan politik pada jamaah Majelis Taklim Rahmat Hidayat yang meliputi ikatan keluarga, ikatan suku, asal-usul kandidat, kepercayaan terhadap kandidat dan popularitas kandidat, oleh karena itu, jamaah memiliki kepercayaan, nilai dan harapan yang juga relatif sama, termasuk dalam kaitanya dengan preferensi pilihan politik. Kata Kunci: Majelis Taklim dan Pilihan Politik

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:22
Last Modified: 07 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item