TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BAGI HASIL WARALABA OUTLET INDOMARCO (Studi di Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 19 Sepang Jaya Dan Indomaret Nomor 33 SPBU Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

Muhammad, Dwi Mardiyanto (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BAGI HASIL WARALABA OUTLET INDOMARCO (Studi di Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 19 Sepang Jaya Dan Indomaret Nomor 33 SPBU Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (950kB)
[thumbnail of skripsi muhammad dwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Waralaba adalah suatu pengaturan bisnis dimana sebuah perusahaan (franchisor) memberi hak pada pihak independen (franchise) untuk menjual produk atau jasa perusahaan tersebut dengan pengaturan yang ditetapkan oleh franchisor. Salah satu waralaba yang sering kita temui yaitu Indomaret. Dalam hukum muamalah, waralaba dapat dikategorikan sebagai bentuk kerja sama dagang atau usaha bisnis. Oleh sebab itu, peneliti merasa perlu untuk mengkaji masalah pembagian hasil bisnis waralaba ini dari sudut pandang hukum Islam. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti ingin melakukan kegiatan penelitian dengan judul“ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Bagi Hasil Waralaba Outlet Mitra Indomarco (Studi di Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 19 Sepang Jaya dan Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 33 SPBU).” Rumusan masalah yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana sistem pembagian hasil pada akad waralaba outlet mitra Indomarco dan (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem bagi hasil waralaba outlet mitra Indomarco di Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 19 Sepang Jaya dan Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 33 SPBU Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data dengan menggunakan populasi dan sempel. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sistem bagi hasil waralaba Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 19 Sepang Jaya dan Indomaret Jalan Sultan Agung Nomor 33 SPBU Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung apabila omzet perbulan melebihi target penjualan maka pihak franchisor mendapat keuntungan 2% - 4% dan tidak ada pembagian hasil jika tidak melebihi target penjualan. Jika mengalami kerugian, maka pihak franchisor tidak bertanggup jawab, sepenuhnya ditanggung oleh pihak franchise. Menurut hukum Islam, akad waralaba indomaret ini belum berjalan sesuai pada prinsip mudharabah dalam Islam, yang apabila terjadi kerugian maka kerugian harus ditanggung secara bersama-sama dan adil antara pemodal dan pengusaha walaupun hal kerugian tersebut jarang terjadi di bisnis waralaba indomaret. Agar dalam pelaksanaannya tidak ada pihak yang merasa dihianati oleh salah satu pihak karena dalam pembagian kentungan dan tanggung jawab resiko kerugian tidak seimbang atau kurang transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:16
Last Modified: 07 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item