PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

ADI, RYANSYAH PUTRA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi lengkap adi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya pembelajaran fiqih di madrasah adalah untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Mengembangkan konsep lingkungan madrasah berwawasan iman dan taqwa atau mengembangkan budaya religius adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktikan oleh kepala madrasah, guru, siswa serta warga madrasah. Untuk itu, dibutuhkan pelaksanaan pembelajaran untuk menciptakan SDM yang unggul dan cerdas, baik ilmu umum maupun ilmu agama. Oleh karena itu, pelaksanaan pembejaran pada mata pelajaran fiqih berbasis higher order thinking skill(HOTS) di MTs Negeri 2 Bandar diharapkan agar siswa dapat mengaplikasikan dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Maka dari pemaparan latar belakang tersebut yang menjadi permasalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih berbasis HOTS di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksaan pembelajaran mata pelajaran fiqih berbasis higher order thinking skills(HOTS) di MTs Negeri 2 Bandar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan pedekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil latar belakang di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun anilisis data menggunakan analisis kualitatif. Sedangkan pada pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Proses pelaksanaan pembelejaran mata pelajaran fiqih berbasis HOTS di MTs Negeri 2 Bandar Lampung terdapat tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup yang mana pada pelaksanaannya di adakan di kelas lingkungan madrasah. 2. Hasil penelitian diatas dapat diketahui bahwa proses pembelajaran sesuai dengan tahapan dalam ranah kognitif sesuai dengan pembelajaran berbasis HOTS. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan pembelajaraan mata pelajaran fiqih berbasis higher order thinking skills (HOTS) di MTs Negeri 2 Bandar Lampung terlaksana dengan baik. Kata-Kunci Kunci : Pelaksanaan pembelajaran, Pembelajaran HOTS, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:14
Last Modified: 07 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18169

Actions (login required)

View Item View Item