FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2013-2015)

HETI, PURNAMA SARI (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2013-2015). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER ,BAB1,2, DAPUS   HETI PURNAMA SARI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI   HETI PURNAMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan perbankan syariah pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terus meningkatnya peminat mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah pada tahun angkatan 2013-2015. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikansi pengaruh faktor internal,pengaruh faktor eksternal, pengaruh faktor internal dan eksternal bersama-sama (simultan) terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah, dan untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik skala likert, observasi lapangan dan dokumentasi. Jumlah sampel adalah sebanyak 90 responden yang merupakan mahasiswa jurusan perbankan syariah angkatan 2013-2015. Dalam pengolahan data jenis penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan current status subjek yang diteliti dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Faktor internal berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa jurusan perbankan syariah. Diketahui bahwa nilai t hitung untuk variabel Faktor eksternal adalah 5,529 sedangkan t table adalah 1,987 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai t hitung (5,529>1,987) yang berarti faktor internal mempunyai andil dalam mempengaruhi mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah, Faktor Eksternal berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah, terlihat t hitung (2,008 > t tabel 1,987 yang berarti faktor internal mempunyai andil dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah, Variabel faktor internal dan variabel faktor eksternal berpengaruh positif secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat nilai f hitung yang lebih besar dari f tabel nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05, Pandangan ekonomi islam terhadap pengambilan keputusan mahasiswa memilih jurusan perbankan syariah sudah sesuai dengan prinsip pengambilan keputusan dalam islam yaitu musyawarah, adil dan amanah. mahasiswa dalam memilih jurusan telah melakukan musyawarah terlebih dahulu dengan orang tua dan memilih jurusan sesuai dengan keinginannya sendiri (tidak dipaksakan). Kata kunci : faktor-faktor, keputusan mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 07 Mar 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item