TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERAN LEMBAGA HIMPUN PEMEKONAN DALAM PEMBANGUNAN PEKON (Studi di Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

DESI, YULIANTI (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERAN LEMBAGA HIMPUN PEMEKONAN DALAM PEMBANGUNAN PEKON (Studi di Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DESI YULIANTI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Himpun Pemekonan dalam melaksanakan tugas pembangunan pekon memiliki kedudukan yang sejajar dengan pemerintah pekon yang bertanggung jawab atas terlaksananya pembangunan dimana perannya sebagai ujung tombak pembangunan. Peran LHP adalah hal yang sangat penting dalam hal terlaksananya pembangunan serta menampung aspirasi masyarakat, mengayomi masyarakat sehingga turut berkerjasama dalam pembangunan itu sendiri, hal ini dapat diukur oleh berbagai instrumen seperti tingkat pendidikan dan kompetensi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana analsis peran Lembaga Himpun Pemekonan dalam pembangunan Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peran Lembaga Himpun Pemekonan dalam pembangunan Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui analsis peran Lembaga Himpun Pemekonan dalam pembangunan Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peran Lembaga Himpun Pemekonan dalam pembangunan Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan kerangka berpikir secara deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, analsis Peran LHP dalam pembangunan pekon di Pekon Simpang Mutar Alam sudah berjalan cukup baik hal ini di lihat dari perencanaan pembangunan pekon di Pekon Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat sudah berjalan dengan baik karna keterlibatan semua elemen (Tokoh Masyarakat, ii Masyarakat, Ketua LHP, Anggota LHP, Kepala Pekon, aparat Pekon, RT, RW, dan Kepala Dusun. Selanjutnya mengenai tahap pengawasan, LHP terjun langsung mengawasi pekerjaan baik fisik maupun non fisik serta terjalinnya kontrol dan komunikasi yang baik antara pihak LHP dan aparat pekon. Kedua, Implementasi peran LHP dalam pembangunan pekon sudah berjalan di atas prinsip kemaslahatan umat seperti dalam konsep Fiqh Siyasah, dimana dalam Fiqh Siyasah lembaga perwakilan rakyat di sebut dengan Ahl al-Hall Wa al-Aqd yang mempunyai tugas bermusyawarah dalam perkara�perkara umum kenegaraan, mengeluarkan undang-undang yang berkaitan dengan kemaslahatan dan melaksanakan peran pengawasan atas kewenangan legislatif sebagai wewenang pengawasan yang dilakukan rakyat oleh terhadap pemerintah dan penguasa untuk mencegah mereka dari tindakan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:32
Last Modified: 07 Mar 2022 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item