BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SMP SEKOLAH DARMA BANGSA BANDAR LAMPUNG

NUR, RAHMAN RAMADHAN (2022) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SMP SEKOLAH DARMA BANGSA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Nur Rahman Ramadhan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Membangun karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk akhlak (budi pekerti) juga sifat kejiwaan seperti emosional dan adaptasi terhadap lingkungan pada insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik namun pada relitanya masih banyak siswa yang melanggar tata tertib dan belum memiliki karakter yang sesuai dengan tolak ukur yang ada di SMP Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung sehingga perlunya bimbingan pribadi sosial dalam pembentukan karakter building. Bimbingan pribadi sosial dalam pembentukan karakter building merupakan salah satu upaya guna meningkatkan pembentukan karakter bagi siswa di SMP Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga memiliki karakter dan attitude yang baik harus diupayakan dikarenakan masih adanya pelanggaran tata tertib yang ada di sekolah. Sehingga pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses bimbingan pribadi sosial dalam pembentukan karakter building bagi siswa di SMP Sekolah Darma Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling, adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah 3 orang siswa, 1 orang kepala Sekolah dan 2 orang konselor. Objek yang dipilih adalah SMP Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung. Pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bimbingan pribadi sosial dalam pembentukan karakter building di SMP Darma Bangsa meliputi 4 tahapan yaitu tahap perencanaan yakni dimana konselor serta kepala sekolah melakukan observasi tentang materi apa saja yang dibutuhkan siswa untuk diberikan supaya siswa dapat mudah dalam mencerna materi yang ingin diberikan, kemudian tahap pelaksanaan yaitu dimana materi yang sudah di rapatkan pada tahap sebelumnya lalu di implementasikan kepada siswa dan di selipkan sesi tanya jawab agar siswa dapat merespon apa yang sudah di sampaikan. Kemudian tahap evaluasi kegiatan yaitu untuk menyimpulkan apa saja yang kurang dalam melakukan pelaksanaan dan apakah sudah berjalan sesuai dengan keinginan. Kemudian tahap follow up yaitu konselor dan psikolog melakukan pemantauan atau monitoring terhadap siswa untuk memastikan apakah materi yang diberikan sudah di terapkan di kehidupan sehari-hari oleh siswa sekaligus mengawasi kembali guna iii melakukan pencegahan agar tidak terjadinya atau timbul permasalahan-permasalahan baru. Kata Kunci: Membangun Karakter dan Bimbingan Pribadi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:22
Last Modified: 07 Mar 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item