Peran guru dalam pelaksanaan Hidden Curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama islam di Man 1 Bandar Lampung

Novitasari, Popy (2017) Peran guru dalam pelaksanaan Hidden Curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama islam di Man 1 Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (336kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (632kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini memberikan kontribusi besar dalam dinamika kehidupan manusia baik sebagai makhluk individu maupun sosial, dalam lingkup kehidupan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa menjadi hal yang penting untuk membentengi siswa dari berbagai pengaruh negatif yang muncul, untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam belum cukup hanya dengan menggunakan curriculum as subject matter saja tetapi dengan menggunakan hidden curriculum , dimana dengan menggunakan hidden curriculum guru dapat menanamkan nilai-nilai agama pada siswa melalui perilaku keagamaan guru, interaksi guru dengan siswa, guru dengan guru, guru dengan kepala madrasah dan semua warga madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pelaksanaan hidden curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama Islam di MAN 1 Bandar lampung.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru mata pelajaran Agama, guru BK, siswa dan dokumentasi profil MAN 1 Bandarlampung. Pengumpulan data dalam peneiltian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran guru MAN 1 Bandarlampung dalam pelaksanaan hidden curriculum secara umum sangat baik dimana guru dapat berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan menjadi sumber. 2). Pelaksanaan hidden curriculum di MAN 1 Bandarlampung dalam bidang ibadah, akhlak dan social telah berjalan dengan baik . 3) Tujuan pendidikan agama Islam bukan hanya bersifat duniawi saja melainkan hal-hal yang bersifat ukhrawi, untuk itu pencapaian tujuan pendidikan agama Islam ini harus menjadi tugas setiap pribadi muslim, terutama para pendidik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru MAN 1 Bandarlampung sangat berperan dalam pelaksanaan hidden curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 01 Nov 2017 03:26
Last Modified: 01 Nov 2017 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item