ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN PETERNAK JANGKRIK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

TESSA, MILTASARI (2022) ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDAPATAN PETERNAK JANGKRIK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TESSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peternakan jangkrik yang berada di desa Terbanggi Besar merupakan usaha yang membantu dalam meningkatkan pendapatan warganya. Hal ini dikarenakan tenaga kerjanya yang merupakan warga desa Terbanggi Besar. Namun, seiring berjalannya waktu pendapatan para peternak jangkrik mengalami penurunan sebagai akibat dari adanya pandemi covid-19 yang melanda negara-negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : bagaimanakah dampak dari adanya pandemi covid-19 terhadap pendapatan peternak jangkrik di desa Terbanggi Besar kecamatan Terbanggi Besar kabupaten Lampung Tengah, dan bagaimanakah dampak dari adanya pandemi covid-19 terhadap pendapatan peternakan jangkrik menurut perspektif ekonomi Islam tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari adanya pandemi covid-19 terhadap pendapatan peternak jangkrik di desa Terbanggi Besar kecamatan Terbanggi Besar kabupaten Lampung Tengah, dan untuk mengetahui mengenai dampak dari adanya pandemi covid-19 terhadap pendapatan peternakan jangkrik menurut perspektif ekonomi Islam tersebut. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitian ini sebanyak 23 orang responden yang terdiri dari 2 orang pemilik usaha/pemilik modal dan 21 orang sebagai pekerja/mitra usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat lapangan atau field research dan penelitian pustaka atau library research. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Kesimpulan dalam analisis penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Membuktikan bahwa para peternak jangkrik mengalami dampak berupa penurunan pendapatan yang cukup signifikan selama masa pandemi covid-19. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama dikarenakan upaya yang dilakukan oleh para peternak untuk mengatasi penurunan pendapatan sebagai dampak dari adanya pandemi covid-19 yaitu dengan berinovasi dan mengubah strategi pemasarannya dengan sistem COD (cash on delivery) yang terbukti dapat meningkatkan pendapatan yang mereka terima jika dibandingkan dengan pendapatan yang didapat pada 6 bulan IV sebelumnya.(2) Membuktikan bahwa Kegiatan kelompok ternak jangkrik yang berada di desa Terbanggi Besar kecamatan Terbanggi Besar kabupaten Lampung Tengah ini telah meningkatkan pendapatan para penduduk di desa tersebut serta dapat menaikkan taraf hidup masyarakat di desa Terbanggi Besar hal ini dikarenakan para anggota yang tergabung dalam kelompok ternak ini merupakan warga di desa Terbanggi Besar itu sendiri. Artinya, kegiatan kelompok ternak di desa Terbanggi Besar tidak melewati aturan�aturan yang dilarang dalam agama Islam karena telah memberlakukan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam yaitu : Tauhid (Keesaan Tuhan), „Adl (Keadilan), Nubuwwah (Kenabian), Khilafah (Pemerintahan), Ma‟ad (hasil). Kata Kunci: Peternak Jangkrik, Pandemi Covid-19, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:51
Last Modified: 07 Mar 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18133

Actions (login required)

View Item View Item