IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah)

SUKRON, TOHAWI (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi sistem keuangan desa adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa yang bersifat akuntabel dan transparan. Penerapan sistem keuangan desa merupakan aplikasi berbasis online, telah dipersiapkan sejak awal dalam rangka mengantisipasi penerapan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Terdapat didalam pasal 72 dijelaskan bahwa desa juga mengelola keuangan yang berasal dari pendapatan asli desa, pendapatan transfer lainnya berupa alokasi dana desa, bagian dari hasil pajak dan retribusi kabupaten atau kota serta bantuan keuangan dari APBD provinsi kabupaten/kota. Maka penulis melakukan penelitian fokus pada, bagaimana Implementasi Sistem Keuangan Desa Dalam Pembangunan Desa di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah? dan Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Sistem Keuangan Desa Dalam Pembangunan Desa di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu pola pikir yang mengacu pada teori serta konsep tentang pedoman sistem keuangan desa yaitu, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, kemudian dikaitkan konsep fiqh siyasah tentang penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa Dalam Pembangunan Desa di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Sistem Keuangan Desa Dalam Pembangunan Desa di Kampung Pekandangan Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah belum di implementasikan secara maksimal, ini dikarenakan terbatasnya SDM yang memahami sistem aplikasi tersebut. Kendala yang dihadapi dalam implementasi sistem keuangan desa adalah lemahnya komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota, tidak adanya payung hukum serta lemahnya pendamping dalam memberikan arahan kepada operator yang menjalakan pengoprasian untuk penerapan sistem keuangan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:52
Last Modified: 07 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18130

Actions (login required)

View Item View Item