KOMUNIKASI BHABINKAMTIBMA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN PENCEGAHAN COVID-19 TERHADAP WARGA KELURAHAN KEBON JERUK TANJUNG KARANG TIMUR

MUHAMMAD, RIVALDY JUMADY (2022) KOMUNIKASI BHABINKAMTIBMA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN PENCEGAHAN COVID-19 TERHADAP WARGA KELURAHAN KEBON JERUK TANJUNG KARANG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi kepin PRIN OKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang komunikasi yang dilatar belakangi seorang Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dalam menyampaikan pesan pencegahan Covid-19 terhadap warga kelurahan Kebon Jeruk, Tanjung Karang Timur. Komunikasi merupakan peran penting yang dapat menempatkan posisi seseorang dengan tepat dalam upaya menyampaikan pesan ke lawan komunikasinya sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jenis komunikasi yang terjadi dalam penelitian ini adalah komunikasi primer dengan menggunakan bahasa, kial, isyarat, gambar, warna dan lainnya. Pada saat ini pandemi telah membuat kehidupan manusia berubah. Oleh karena itu dengan adanya pencegahan Covid-19 tentunya Bhabinkamtibmas mempunyai tujuan agar dapat menyelesaikan masalah kehidupan sosial yang terjadi akibat Covid-19 ini khususnya di kelurahan Kebon Jeruk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dan sifat penelitian (deskriptif). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data dengan cara mereduksi data, men-display data dan conclusion drawing (menarik kesimpulan). Hasil penelitian diperoleh data tentang proses dan keberhasilan komunikasi Bhabinkamtibmas dalam menyampaikan pesan pencegahan Covid-19 terhadap warga kelurahan Kebon Jeruk, Tanjung Karang Timur. Proses komunikasi terhadap warga mempunyai beberapa tahapan yaitu sebagai berikut: 1). Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan pencegahan Covid-19 terhadap warga secara langsung, door to door, mengelilingi lingkungan melalui pengeras suara dan dibantu oleh beberapa pihak terkait seperti tokoh masyarakat, RT dan lainnya. 2). Bhabinkamtibmas menggunakan media komunikasi berupa banner, stiker, poster dan alat lainya yang berguna untuk memudahkan serta menarik perhatian warga dalam upaya pencegahan Covid-19. Upaya pencegahan pandemi covid-19 pemerintah Indonesia telah menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghadapi hidup di era baru. Pencegahan nya adalah meningkatkan daya tahan tubuh melalui asupan makanan sehat, memperbanyak cuci tangan, menggunakan masker saat bepergian, melakukan kegiatan olahraga, istirahat yang cukup serta makan makanan yang dimasak hingga matang dan bila sakit segera berobat ke RS rujukan untuk dievaluasi. Keberhasilan Bhabinkamtibmas dalam menyampaikan pesan iii pencegahan Covid-19 terhadap warga kelurahan Kebon Jeruk sudah berjalan baik dan tentunya sudah melewati beberapa tahapan yang ada dan telah berhasil dilakukan pada tahun 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:25
Last Modified: 07 Mar 2022 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18121

Actions (login required)

View Item View Item