DAMPAK PELAKSANAAN GADAI SAWAH TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bungamayang, Kabupaten Lampung Utara)

DONI, TORIA (2022) DAMPAK PELAKSANAAN GADAI SAWAH TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bungamayang, Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT DONI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Doni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kehidupan perekonomian pedesaan biasanya ditandai dengan permodalan yang lemah. Hal ini disebabkan oleh aktivitas ekonomi yang cenderung monoton. Oleh karena itu permodalan merupakan sumber utama dalam mendukung tingkat perkembangan produksi agrarian masyarakat pedesaan. Gadai sawah ini biasanya terjadi karena uang sebagai alat pembayaran merupakan kebutuhan pokok dalam setiap pemenuhan kebutuhan hidup terutama yang langsung berkaitan dengan masalah perkonomian. Biasanya para petani atau masyarakat yang menggadaikan sawahnya karena membutuhkan dana untuk keperluan biaya nikah anak, biaya sekolah anak, biaya melahirkan, biaya rehap rumah, biaya modal usaha, dan untuk biaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut yaitu: Pertama, Bagaimana dampak pelaksanaan gadai sawah terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Desa Sukadana Udik? Kedua, Bagaimana pendangan ekonomi islam tentang pelaksanaan gadai sawah di Desa Sukadana Udik ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan gadai sawah terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Desa Sukadana Udik, serta untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang pelaksanaan gadai sawah terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Desa Sukadana Udik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden analisis ekonomi islam terhadap pelaksanaan gadai sawah terhadap peningkatan kesejahteraan petani, sedangkan data sekunder diperoleh dari aparat Desa Sukadana Udik, buku-buku, jurnal, skripsi, dan data relevan yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bahwa gadai sawah yang terjadi di Desa Sukadana Udik belum bisa meningkatkan kesejahteraan Petani terutama pagi pihak penggadai (rahin). Hal ini dikarenakan para rahin tidak dapat menggarap sawahnya yang telah menjadi jaminan, dan akibatnya membuat para rahin kehilangan penghasilan dari sawah tersebut. Gadai yang terjadi ini sangat tidak adil dan merugikan salah satu pihak. Kemudian dilihat dari sudut pandang ekonomi Islam, gadai tersebut jauh dari unsur tolong-menolong, justru menjadi lahan untuk mencari keuntungan bagi pihak penerima gadai (murtahin), dan mengandung unsur kezaliman sesama umat. Selain itu juga dalam akad gadai yang terjadi di Desa Sukadana Udik tidak disertakan saksi dan bukti secara tertulis, hal ini bisa berpeluang untuk timbulnya masalah yang akan terjadi dikedmudian hari. Kata Kunci : Gadai, Kesejahteraan Petani, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:25
Last Modified: 07 Mar 2022 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item