PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MELALUI STRATEGI MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Adawiyah, Dewi Arifah (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MELALUI STRATEGI MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peningkatan Penguasaan mufradat Melalui Strategi Mind Mapping Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 Oleh : Dewi Arifah Adawiyah Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, mufradat merupakan unsur penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik. Guru bahasa Arab di kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan belum menggunakan strategi yang bervariatif, sehingga mengakibatkan rendahnya penguasaan mufradat peserta didik, hal ini dapat dilihat dari nilai pra survey penguasaan mufradat dari 25 peserta didik yang tuntas 7 orang (28%) dan yang belum tuntas 18 orang (72%) maka nilai penguasaan mufradat dikategorikan rendah. Dengan demikian diperlukan strategi yang sesuai dalam pembelajaran penguasaan mufradat, salah satunya adalah strategi mind mapping. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah ”Apakah dengan penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didalamnya terjadi Kolaborasi antara peneliti dan guru bidang studi bahasa Arab. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan 2 pertemuan setiap siklusnya, yang terdiri dari 4 tahapan dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung melalui strategi mind mapping. Alat pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mufradat peserta didik meningkat setelah diterapkannya strategi mind mapping yaitu pada siklus pertama mengalami peningkatan dari 25 peserta didik yang tuntas 14 orang (56%) dan yang belum tuntas 11 orang (44%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 25 peserta didik yang tuntas 22 orang (88%), yang belum tuntas 3 orang (12%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Penguasaan Mufradat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:46
Last Modified: 01 Mar 2017 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item