OPTIMALISASI PERAN BMT DALAM UPAYA MEMINIMALISASI PRAKTIK RENTENIR DALAM MASYARAKAT (Studi Pada BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung)

YOGA, PRAYUDA (2022) OPTIMALISASI PERAN BMT DALAM UPAYA MEMINIMALISASI PRAKTIK RENTENIR DALAM MASYARAKAT (Studi Pada BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-YOGA PRAYUDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya keberadaan BMT bertujuan untuk dapat mensejahterakan ekonomi masyarakat serta menjauhkan masyarakat dari praktik ekonomi ribawi seperti praktik rentenir. Namun kesulitan aksesperbankan terutama bagi pengusaha kecil menyebakan praktik pinjaman yang ditawarkan oleh rentenir menjadi pilihan utama. Praktik rentenir yang merupakan bagian dari riba sangatlah dilarang bahkan diharamkan. Oleh sebab itu, sebagai salah satu lembaga keuangan syari'ah BMT memiliki peran yang konkrit dalam upaya meminimalisir semakin merebaknya praktik rentenir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir di masyarakat, dan bagaimana peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir serta peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 karyawan BMT Al Ihsan Binaul Ummah dan 82 anggota pembiayaan yang terjerat dalam praktik rentenir, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah 6 karyawan BMT Al Ihsan Binaul Ummah dan 15 anggota BMT yang terjebak pada praktk rentenir. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif dengan pendekatan berfikir secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir di masyarakat dilakukan melalui sosialisasi, pembinaan, pendampingan dan penyuluhan kepada pelaku usaha serta jemput bola dan telah memenuhi 4 indikator yang ditetapkan dan dinilai sudah optimal karena terdapat 15 anggota BMT yang terjerat praktik rentenir kini sudah kembali melakukan pembiayaan melalui BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro. Peran BMT Al Ihsan Binaul Ummah Metro Lampung dalam upaya meminimalisir praktik rentenir dalam perspektif ekonomi Islam merupakan upaya untuk menjauhkan masyarakat dari praktik riba yang identik dengan praktik rentenir. Hal ini juga telah memenuhi indikator dalam sistem ekonomi Islam yang meliputi prinsip keadilan, prinsip ta’awun dan prinsip maslahat. Kata kunci : Peran, BMT, Praktik rentenir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 08:05
Last Modified: 04 Mar 2022 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item