STANDAR PENETAPAN DAN REALISASI UANG OPERASIONAL TRUK ANGKUTAN BARANG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di CV. Alusindo Way Lunik Panjang)

ANNISA, RIZKY (2022) STANDAR PENETAPAN DAN REALISASI UANG OPERASIONAL TRUK ANGKUTAN BARANG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di CV. Alusindo Way Lunik Panjang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (443kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] PDF
Download (480kB)

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan aktif tentunya memiliki prinsip dan sistem perusahaannya masing-masing. Suatu perusahaan dapat dikatakan berjalan dengan baik, apabila perusahaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan input dan output perusahaannya. Salah satu hal yang terpenting dalam berjalannya suatu perusahaan adalah adanya uang operasional. Tak terkecuali perusahaan CV Alusindo Way Lunik Panjang Bandar Lampung, juga memiliki uang operasional dalam menjalankan perusahaannya. Sebagai perusahaan ekspedisi barang, tentunya uang operasional pada CV Alusindo sangatlah penting terutama untuk para driver yang melakukan perjalanan ekspedisi. Uang operasional tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan driver sekaligus kendaraan yang digunakan dalam melakukan perjalanan ekspedisi, sehinga uang operasional tersebut wajib diberikan kepada para driver yang akan melakukan perjalanan ekspedisi. Tetapi, pada kenyataannya pihak perusahaan memberikan uang operasional tidak sepenuhnya kepada para driver ketika akan melakukan perjalanan ekspedisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana realisasi standar uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang realisasi standar uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo Way Lunik Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standard penetapan dan realisasi standar uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo Way Lunik Panjang dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang standar penetapan dan realisasi standar uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo. Jenis penelian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sumber data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara kepada pemilik CV. Alusindo dan pekerja (driver), sedangakan data sekunder diperoleh dari data�data yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah Realisasi uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo Way Lunik Panjang tidak diberikan sepenuhnya yang cukup oleh pihak perusahaan kepada para driver ekspedisi pengangkutan barang. Para driver tersebut hanya diberikan uang operasional setengah dari jumlah yang seharusnya mereka dapat. Untuk uang operasional yang setengahnya lagi baru diberikan perusahaan kepada para driver setelah mereka pulang dari ekspedisi pengiriman barang. Realisasi standar uang operasional truk angkutan barang pada CV. Alusindo ditinjau dari hukum Islam diperbolehkan jika didasarkan atas kesepakatan kerjasama antara CV. Alusindo dengan para driver.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 08:03
Last Modified: 04 Mar 2022 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18095

Actions (login required)

View Item View Item