ANALISIS CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah Pada Tahun 2015-2019)

ILHAM, WAHYUDI (2022) ANALISIS CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah Pada Tahun 2015-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS  PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM WAHYUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia investasi pembagian dividen adalah sesuatu yang selalu diharapka oleh pemegang saham, karena dalam hal ini para pemegang saham akan mendapatkan seuah keuntungan dari saham yang mereka investasikan dalam sebuah perusahaan. Semakin besar dividen yang akan dibagikan perusahaan maka akan semakin menarik minat para investor untuk berinvestasi dalam perusahaan tersebut. Kebijakan pembayaran dividen perusahaan tidak selalu sama setiap tahunya, dan seitiap perusahaan pun juga berbeda tergantung dari masing-masing perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Asset (ROA) berpengaruh secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah Pada Tahun 2015-2019?, (2) Apakah Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Asset (ROA) berpengaruh secara simultan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah Pada Tahun 2015-2019? (3) Bagaimanakah Current Ratio,Debt to Equit Ratio, Retrun On Asset, dan Dividen Payot Ratio Dalam perspektif Ekonomi Islam? Pеnеlіtіаn іnі mеrupаkаn mеtodе pеnеlіtіаn dеskrіptіf dеngаn pеndеkаtаn kuаntіtаtіf, dan data yang digunakan adalah data sekunder dari web pribadi masing-masing perusahaan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji parsial (t tes) mengindikasikan bahwa hanya variable Current ratio dan Retrun On Asset yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable Dividen Payout Ratio, sedangkan variable Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap variable Dividen Payout Ratio. Berdasarkan uji simultan (uji f) menunjikan bahwa variabel Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan Retrun On Asset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio. Dalam perspektif islam keijakan dividen tidak masuk dalam kategori gharar yang dapat merugikan salah satu pihak. Dalam hal ini keuntungan yang dibagikan sesuai dengan keadilan dan keseimbangan menetapkan harga awal saham yang sudah disepakati dalam rapat umum pemegang saham setiap tahunya. Kata Kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Retrun On Aset, dan Dividen Payout Ratio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:57
Last Modified: 04 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item