PENGARUH PENDAPATAN DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (TAHUN 2012-2018)

Musriyati, Tarsim (2022) PENGARUH PENDAPATAN DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), PENGELUARAN PEMERINTAH DAN PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (TAHUN 2012-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi cetak musri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pembangunan manusia. Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Lampung masuk dalam 10 besar provinsi dengan IPM terendah dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Dan IPM Provinsi Lampung menjadi IPM yang terendah sejak tahun 2012-2018 se-Sumatera. Berangkat dari hal tersebut diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, dan Pengangguran Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Lampung tahun 2012-2018 secara parsial?, bagaimana pengaruh Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, dan Pengangguran Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Lampung tahun 2012-2018 secara simultan? serta bagaimana konsep Indeks Pembangunan Manusia dalam perspektif Islam? Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian dokumentasi atau studi pustaka (Library Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam periode pengamatan yaitu tahun 2012-2018. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan PDRB (X1), Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan (X2), Pengangguran (X3), dan Indeks Pembangunan Manusia(Y). Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan menunjukkan adanya penngaruh yang signifikan antara PDRB, pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, dan pengangguran secara simultan terhadap indeks pembangunan manusia. Secara parsial variabel PDRB mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap IPM. Artinya hal ini menunjukkan bahwa PDRB memiliki hubungan positif terhadap IPM, dimana semakin tinggi PDRB maka IPM akan meningkat. Sedangkan variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan, dimana setiap terjadi perubahan pada variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan tidak meningkatkan IPM. Dan variabel pengangguran tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap IPM, artinya ketika pengangguran mengalami peningkatan, maka IPM tidak akan terpengaruhi. Dalam Islam memandang faktor manusia lah yang lebih berperan dalam sebuah pembangunan. Sedangkan Pemerintah dalam Islam adalah sebagai wakil masyarakat yang diserahi amanah dengan cara mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dari segi pendidikan ataupun program-program lainnya untuk memiliki SDM yang berdaya saing tinggi dan berkualitas. Kata Kunci : Indeks Pembangunan Manusia, Pendapatan Domestik Regional Bruto, Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, dan Pengangguran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:57
Last Modified: 04 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item