ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Tahu Di Desa Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah)

NENENG, DWI CAHYATI (2022) ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Tahu Di Desa Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran penting Analisis SWOT sebagai strategi bisnis ini bermanfaat dalam upaya perumusan strategi bisnis pada UMKM Tahu yang ada di Desa Bangun Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan pengamatan, dengan data primer dan skunder, alat analisis yang digunakan dalam metode ini yaitu dengan pendekatan induktif. Data primer diperoleh langsung dari pelaku UMKM Tahu yang ada di desa Bangun Rejo kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan data skunder berupa teori�teori atau data penunjang lainnya di peroleh dari perpustakaan, dokumentasi, monografi desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal diketahui menjadi faktor strategis dari kekuatan UMKM di Desa Bangun Rejo. Faktor strategis yaitu seluruh peluang yang ada, permintaan produksi tahu yang meningkat dipasaran serta perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh pada perkembangan UMKM di Desa Bangun Rejo. Sedangkan yang menjadi ancaman terkuat adalah kenaikan harga bahan baku kedelai serta pesaing-pesaing yang lebih modern. Dari permasalahan�permasalahan yang dihadapi UMKM, maka dipandang perlu adanya strategi yang bersifat intensif dan diferensiasi. Dalam perspektif ekonomi Islam proses menentukan strategi pengembangan untuk UMKM harus melandaskan pada kaidah-kaidah agama Islam yaitu tidak menjual atau memproduksi barangbarang yang diharamkan, serta transparan dalam penetapan harga. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Bisnis, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:52
Last Modified: 04 Mar 2022 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18083

Actions (login required)

View Item View Item