PENGARUH OVERREACTION, FIRM SIZE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PRICE REVERSAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2017-2019)

ANIS, SABILLA (2022) PENGARUH OVERREACTION, FIRM SIZE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PRICE REVERSAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANIS SABILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi bertujuan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Selain untuk mendapat keuntungan, tujuan investasi dalam Islam yaitu untuk kemaslahatan di masa yang akan datang. Untuk mendapatkan keuntungan, investor memerlukan informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi. Dengan informasi yang cukup investor akan membentuk portofolio untuk memaksimalkan return pada risiko yang mampu ditanggungnya. Perilaku investor dalam menyikapi suatu informasi berbeda-beda baik dari segi waktu, frekuensi dan kuantitas dalam pembelian saham. Apabila hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan harga saham cenderung melewati harga pasar sehingga dapat menyebabkan pembalikan arah harga saham (price reversal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh overreaction terhadap price reversal, untuk mengetahui pengaruh firm size terhadap price reversal, untuk mengetahui pengaruh likuiditas terhadap price reversal, dan untuk mengetahui bagaimana investasi saham dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan JII, website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yahoo.finance dan Indonesia Stock Exchange (IDX). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling dan terpilih sebanyak 14 perusahaan yang teraftar serta konsisten berada di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2019 dan time series sebanyak 4 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan model common effect. Pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan program komputer Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Overreaction berpengaruh positif terhadap price reversal. Firm size tidak berpengaruh positif terhadap price reversal. Likuiditas tidak berpengaruh negative terhadap price reversal. Overreaction, firm size dan likuiditas secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap price reversal. Pada dasarnya berinvestasi saham di perusahaan yang tidak bertentangan dengan syariat islam adalah diperbolehkan, asalkan dalam berinvestasi saham tidak melakukan kecurangan atau penipuan yang dapat merugikan investor lainnya serta memenuhi rukun dan syarat dalam melakukan transaksinya. Kata kunci: Overreaction, Firm Size, Likuiditas dan Price Reversal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:43
Last Modified: 04 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item