ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE SISTEM DROPSIPPING (Studi Kasus Dropshipper Shopee Mahasiswa STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah)

NUR, AZIZAH AL-ALAWIYAH (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE SISTEM DROPSIPPING (Studi Kasus Dropshipper Shopee Mahasiswa STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AZIZAH AL-ALAWIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang mekanisme Jual Beli Onliine dengan sistem Dropshipping yang dilakukan Dropshipper Shopee. Konsep jual beli online sistem dropshipping ini menimbulkan fenomena baru dimana penjual (dropshipper) tidak menyetok dan memiliki/melihat secara langsung barang yang akan diperjualbelikan, dropshipper juga tidak melakukan pengiriman barang, karena supplier barang tersebut yang akan mengirimkan barang kepada konsumen dengan menyertakan nama dropshipper sebagai pengirim, namun konsumen tidak mengetahui hal tersebut. Dalam kaitannya bahwa jual beli dalam ekonomi Islam haruslah berdasarkan prinsip/nilai dasar etika bisnis dalam Islam diantaranya yaitu kejujuran, keadilan, amanah dan lain sebagainya. Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif dan subyek yang di jadikan sumber dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STAI Ma‟arif Kalirejo yang berjualan online dengan menggunakan sistem dropshipping dan memakai aplikasi Shopee dengan sistem dropship yang tawarkan aplikasi tersebut yang terdiri dari 8 Sample. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang bersifat in-depth interview (wawancara mendalam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme jual beli online dengan menggunakan sistem dropshipping yang dilakukan dropshipper Shopee Mahasiswa STAI Ma‟arif Kalirejo adalah membuat akun Shopee terlebih dahulu, mempromosikan barang dari supplier Shopee, memilih & membeli barang pada supplier Shopee jika ada konsumen yang memesan, isi alamat pembeli dengan lengkap, pilih metode pembayaran, centang tulisan “kirim sebagai dropshipper” lalu isi nama & nomor telepon dropshipper pada kolom yang tertera dan klik kolom buat pesanan. Selanjutnya Analisis Penerapan Ekonomi Islam dalam jual beli online dengan sistem dropshipping yang dilakukan oleh dropshipper Shopee Mahasiswa STAI Ma‟arif Kalirejo menunjukkan bahwa etika bisnis yang diterapkan dalam jual beli ini tidak sejalan dengan konsep bai‟ as-salam khususnya salam paralel &prinsip/nilai dasar etika berbisnis dalam ekonomi Islam dimana terdapat unsur ketidakjelasan terhadap barang yang dijual dropshipperShopee, karena dropshipper tidak memiliki, mengetahui maupun melihat wujud asli barang secara nyata. Kemudian tidak ada unsur kejujuran (keterbukaan) oleh pihak dropshipper kepada pihak pembeli terkait sistem yang digunakan, selanjutnya terdapat unsur ketidakadilan didalamnya, karena dapat menimbulkan kerugian pada salah satu pihak yaitu pembeli. Kata Kunci: Jual Beli Online, Dropshipping, Dropshipper, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:38
Last Modified: 04 Mar 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item View Item