FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA DAERAH PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2005-2020 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

RAUDHOTUL, AZIZAH (2022) FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA DAERAH PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2005-2020 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Raudhotul Azizah_1751010161.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengelola anggaran keuangan diberikan kewenangan penuh dengan sedikit campur tangan dari pemerintah pusat.Otonomi daerah sebagai kerangka kebijakan percepatan kemandirian daerah masih belum menunjukkan keberhasilan, khususnya dalam aspek fiskal. Melihat dari permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh dalam jangka pendek dan panjang terhadap Belanja Daerah di Provinsi Lampung tahun 2005-2020, apakah terjadi fenomena flypaper effect pada Pemerintah Provinsi Lampung, serta bagaimana belanja daerah ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah berpengaruh dalam jangka pendek dan panjang terhadap Belanja Daerah di Provinsi Lampung, mengetahui apakah terjadi flypaper effect pada Pemerintah Provinsi Lampung dan mengetahui apabila belanja daerah ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dalam periode pengamatan 2005-2020. Data yang digunakan adalah Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, dan Belanja Daerah. Data yang terkumpul di analisis menggunakan metode Vector Eror Correction Model (VECM) yang diolah dengan program Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan DAU dan PAD dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Sedangkan dalam jangka Panjang DAU berpengaruh Postif terhadap belanja daerah dan untuk PAD berpengaruh negative terhadap belanja daerah. Uji F-statistik pada uji VECM menunjukan bahwa F-statistik > F-tabel ini menunjukkan bahwa tidak terjadi flypaper effect pada, pemerintah Provinsi Lampung. Prinsip islam tentang kebijakan fiskal dan anggaran belanja bertujuan untuk mengembangkan suatu masyarakat yang didasarkan atas distribusi kekayaan berimbang dengan menempatkan nilai-nilai material dan spiritual. Dalam menentukan anggaran suatudaerah, sumber-sumber penerimaan yang diperoleh dari berbagai sumber antara lain DAU dan PAD. Penerimaan ini kemudian iii digunakan untuk membiayai belanja daerah. Alokasi belanja modal ini didasarkan pada kebutuhan sarana dan prasarana yang baik untuk kelancaran pelaksanaan tugas maupun fasilitas publik yang merupakan tujuan dari syariat islam untuk mencapai kemaslahatan bersama serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Kata Kunci: Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah, Flypaper Effect, VECM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 07:33
Last Modified: 04 Mar 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18070

Actions (login required)

View Item View Item