ANALISIS MINAT MAHASISWA PASCA MAGANG UNTUK BEKERJA DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

NURHAYATI, SAIFUL ANWAR (2022) ANALISIS MINAT MAHASISWA PASCA MAGANG UNTUK BEKERJA DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi nurhayati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perbankan syariah di Indonesia berdiri sesuai permintaan masyarakat yang membutuhkan sistem perbankan yang alternatif, dan selain menyediakan jasa keuangan yang sehat, juga berdasarkan pada asas kemitraan, keadilan, dan transparansi sesuai dengan hukum islam atau prinsip-prinsip syariah. Sehingga permintaan masyarakat dalam sistem perbankan yang transparan semakin meningkat setiap tahunnya dan dalam hal ini membuat pertumbuhan bank syariah semakin bagus. Namun kenyataannya di bank syariah banyak pegawai yang bukan berasal dari kompetensi syariah. Masih dominannya sumber daya manusia bank syariah yang berlatar belakang bukan dari kompetensi syariah dan minimnya skill pengetahuan di bidang perbankan syariah menimbulkan dampak yang cukup serius, yaitu implementasi syariah Islam dalam perbankan menjadi tidak optimal. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perguruan tinggi untuk turut mengembangkan SDM yang berbasis Syariah. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagiamana keinginan mahasiswa dalam berkarir sesuai dengan bidangnya atau sesuai dengan apa yang dicita-citakannya untuk memberikan inovasi-inovasi baru yang berkaitan dengan prinsip syariah dan mampu bekerja dengan baik. Tujuan mekanisme dalam berkarir di industri syariah baik secara konseptual maupun praktek, dan memiliki jiwa kewirausaaan sehingga memiliki keunggulan bersaing dalam kompetisi global. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung pasca magang untuk bekerja di Bank Syariah dan Apa faktor dominan dari minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung pasca magang untuk bekerja di Bank Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh magang dan faktor dominan yang mempengaruhi minat mahasiswa pasca magang untuk bekerja di bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapang (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dimana sumber data adalah primer dan sekunder yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dimulai dengan mengoreksi data, dilanjutkan dengan penyusunan kembali data dan menganalisis data yang ada guna menemukan hasil (kesimpulan) sebagai jawaban rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh magang terhadap minat mahasiswa mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap minat mahasiswa pasca magang untuk bekerja di bank syariah. Mahasiswa yang berminat bekerja di bank syariah karena mendapatkan lingkungan kerja yang baik dan nyaman ketika magang. Terdapat faktor dominan yang mempengaruhi minat mahasiswa bekerja di bank syariah yaitu: pengetahuan tentang prinsip syariah yang didapat selama kuliah dan faktor lingkungan kerja ketika mahasiswa magang. Kata Kunci: Magang, Minat Bekerja, Bank syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:37
Last Modified: 04 Mar 2022 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item