STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TERHADAP PENINGKTAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Wisata Putri Malu Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan)

KARTINI, YUSRI (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TERHADAP PENINGKTAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Wisata Putri Malu Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KARTINI 1551010211.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Pariwisata merupakan sektor yang dapat diandalkan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, pengembangannya masih belum optimal maka di butuhkan suatu perencanaan agar terciptanya pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Akan tetapi banyak kendala dan permasalahan dalam proses pengembangan pariwisata sehingga pariwisata menjadi sektor yang tidak berkembang. Untuk itu, sebagai perencana harus dapat melihat lebih dalam tidak hanya mengidentifikasi secara umum melainkan secara komprehensif serta melibatkan masyarakat agar berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata. Permasalahan yang dikaji dalam penulisan ini adalah 1). Bagaimana strategi pengembangan desa wisata Air Terjun Putri Malu di Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan 2). Bagaimana peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat di desa wisata Air Terjun Putri Malu Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan 3). Bagaimana strategi pengembangan desa wisata dalam peningkatan ekonomi masyarakat. perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dilakukan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran lengkap tentang sesuatu yang sedang di teliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh pengembangan desa wisata juku batu menggambungkan konsep wisata alam, wisata budaya masyarakat setempat dan wisata hasil buatan masyarakat berupa kuliner dan lainnya. Dalam pengembangan Desa wisata juku batu nilai-nilai kearifan lokal merupakan modal utama dalam membangun kreatifitas manusia yang memiliki nilai ekonomi dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat tanpa merusak tatanan social dan lingkungan alam sekitarnya. Akan tetapi pengelolaan potensi wisatanya belum maksimal sehingga kurang menarik wisatawan untuk berkunjung dan pemerintah kurang mendukung dalam pengembangan desa wisata tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan perbaikan dalam penataan kawasan dan pengembangan kegiatan wisata. Sedangkan dalam tinjauan Ekonomi Islam kegiatan potensi pengembangan pariwisata alam merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDA dan SDM. Dalam kegiatan pengelolaannya sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam yakni adanya sikap jujur, tidak merusak lingkungan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kata Kunci: Desa Wisata, Kearifan Lokal, Pendapatan, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:33
Last Modified: 04 Mar 2022 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18049

Actions (login required)

View Item View Item